Masa Kejayaan Islam yang
Dinantikan Kembali
A.   
Non tes (afektif)
1.   
A.5 (penghayatan)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
  peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
  responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
  berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
  lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
  bangsa dalam pergaulan dunia. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Menunjukkan sikap semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuandan
  kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat menunjukkan sikap semangat menumbuhkembangkan ilmu
  pengetahuandan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   
Soal 
 | 
  
  
  | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   | 
  
  
 
Rubrik Penilaian: 
Jika
  peserta didik menjawab sangat setuju, skor 100. 
Jika
  peserta didik menjawab setuju, skor 75. 
Jika
  peserta didik menjawab ragu-ragu, skor 50. 
Jika peserta didik menjawab tidak setuju, skor 25. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
B.    
Pilihan Ganda
2.   
C.1  (mengingat)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-3 Memahami, menerapkan dan
  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
  kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Soal 
 | 
  
   
1.
  Karyanya yang terkenal berjudul Al-Qanūn Fi aṭ-Ṭ³b dan Al-Syifā.
  Buku tersebut ditulis oleh .... 
a. Hamzah Fansuri 
b. Ibnu Sina 
c. Nuruddin Ar-Raniri 
d. Al-Farabi 
e. Al-Ghozali 
 | 
 
| 
   
Jawaban 
 | 
  
   
C. 
 | 
 
C.2 (Pemahaman)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis
  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
  menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
  dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Soal 
 | 
  
   
1.     
  Yang
  menyebabkan Islam mengalami perkembangan sangat pesat adalah 
sebagai berikut, kecuali …. 
a.      
  menerjemahkan
  buku-buku asing yang sarat akan pengetahuan 
b.     
  pentingnya
  taqlid agar kita disebut orang-orang yang setia 
c.      
  meyakini
  bahwa al-Qur’ān itu pedoman hidup yang sangat dinamis 
d.     
   mencari ilmu tidak cukup di negeri Arab
  saja, bisa ke negeri Cina 
e.      
  semangat
  mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kepentingan umat manusia. 
 | 
 
| 
   
Jawaban 
 | 
  
   
E. 
 | 
 
C.3 (Mengaplikasikan)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-3 Memahami, menerapkan dan
  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
  kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Soal 
 | 
  
   
Cendekiawan
  muslim dalam bidang ilmu tafsir adalah. … 
a. Ibnu Athiyah al-Andalusy 
b. Imam Bukhori 
c. Imam Muslim 
d. Ibnu Majah 
e. Abu Daud 
 | 
 
| 
   
Jawaban 
 | 
  
   
A. 
 | 
 
C.4
(Menganalisis)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-3 Memahami, menerapkan dan
  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
  kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
  sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Soal 
 | 
  
   
Di
  bawah ini yang tidak termasuk faktor penyebab kejayaan Islam pada masa lalu
  adalah .... 
a. semangat untuk menerjemahkan buku-buku berbahasa Yunani yang
  penuh dengan ilmu pengetahuan 
b. semangat untuk mempertahankan keyakinan yang bersifat khurafat
  dan tahayul 
c. semangat untuk menjalankan perintah Allah dan meninggalkan
  kejumudan 
d. semangat mengkaji ilmu-ilmu pengetahuan yang berasal dari
  Yunani 
e. semangat menulis dan menemukan ilmu-ilmu baru yang bisa
  dikembangkan 
 | 
 
| 
   
Jawaban 
 | 
  
   
B. 
 | 
 
C.5
(Mengevaluasi)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-3 Memahami, menerapkan dan
  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
  kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Soal 
 | 
  
   
1.     
  Dibawah
  ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran, kecuali . 
a. Harun al-Rasyid 
b. Jabir bin Hayyan 
c. Hurain bin Ishaq 
d. Thabib bin Qurra 
e. Ar Razi atau Razes 
 | 
 
| 
   
Jawaban 
 | 
  
   
A. 
 | 
 
C.   
Uraian tidak terbatas 
C3 (mengaplikasikan)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-3 Memahami, menerapkan dan
  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
  serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
  sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Soal 
 | 
  
   
1.
  bagaimana perkembangan Islam pada periode klasik? Hal apakah yang bisa
  diteladani 
 | 
 
| 
   
Jawaban 
 | 
  
   
Periode
  Klasik merupakan periode kejayaan Islam. 
Hal
  yang bisa diteladani adalah adanya pengembangan ilmu pengetahuan serta
  pembangunan sarana dan prasarana publik yang lengkap. 
 | 
 
C.4
(menganalisis)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-3 Memahami, menerapkan dan
  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
  kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Soal 
 | 
  
   
1.     
  Mengapa
  umat Islam mengalami kemajuan yang sangat gemilang? Jelaskan faktor-faktor
  penyebabnya! 
 | 
 
| 
   
Jawaban 
 | 
  
   
Adanya 2 faktor yaitu faktor
  internal dan faktor eksternal. 
 | 
 
C.5 (mengevaluasi)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-3 Memahami, menerapkan dan
  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
  kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat menelaah
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Soal 
 | 
  
   
1.     
  Sebutkan
  kemajuan apa saja yang dicapai pada masa Bani Umayyah! 
 | 
 
| 
   
Jawaban 
 | 
  
   
Kejayaan Islam pada masa Bani
  Umayyah ditandai berdirinya bangunan-bangunan sebagai pusat dakwah Islam. 
 | 
 
D. Non tes
(psikomotorik)
P.4
(artikulasi)
| 
   
Kompetensi
  inti  
 | 
  
   
KI-4
  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
  mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  dasar 
 | 
  
   
Mendeskripsikan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
Siswa dapat mendeskripsikan
  perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 
 | 
 
| 
   
Soal 
 | 
  
   
Masing-masing
  siswa buatlah bagan/skema terkait denagn Masa Kejayaan Islam yang Dinantikan
  Kembali dan penjelasanya secara singkat 
 | 
 
| 
   
Format
  penilaian 
 | 
  
   
Rubrik penilaian: 
•
  Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya dengan sangat baik, skor 
100. 
•
  Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya dengan baik, skor 75. 
•
  Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya cukup baik, skor 50. 
•
  Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya kurang baik, skor 25. 
Keterangan: 
Sangat
  baik : Jika naskah tersebut memenuhi 4
  kriteria (lengkap, benar, indah dan rapi). 
Baik : Jika naskah tersebut yang terpenuhi hanya 3 dari 4
  kriteria. 
Cukup
  baik : Jika naskah tersebut yang terpenuhi
  hanya 2 dari 4 kriteria. 
Kurang baik
  : Jika naskah tersebut yang terpenuhi hanya 1 dari 4 kriteria. 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar