Selasa, 05 April 2016

RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH                          : MADRASAH IBTIDAIYYAH
MATA PELAJARAN                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan
KELAS / SEMESTER                     : 5 / 1
ALOKASI WAKTU                         : 1 X 35 Menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Bermain Sepak Bola
B.     KOMPETENSI DASAR
1.2  Mempraktekkan Variasi Gerak Dasar Ke Dalam Modifikasi Permainan Bola Besar Serta Nilai Kerjasama Tim, Sportifitas Dan Kejujuran
C.     INDIKATOR
1.2.1. Siswa dapat mempraktekan Gerak Dasar Ke Dalam Permainan
Sederhana Dan Olah Raga Serta Nilai-Nilai Yang Terkandung Didalamnya
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melakukan gerakan mengoper dan menerima bola
2.      Siswa dapat melakukan gerakan mengoper dan menontrol bola
3.      Siswa dapat bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
E.     Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin (Discipline), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Toleransi (Tolerance), Percaya diri (Confidenc ) & Keberanian (Bravery)
F.      Materi Pembelajaran
a.       Bermain Sepak bola
-Mengoper dan menerima
-Mengoper dan mengontrol
b.      Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
G.    Metode pembelajaran
-          Ceramah    - Demonstrasi  - Penugasan
-          Latihan      - Tanya jawab
H.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
a.       Kegiatan Pendahuluan
Waktu
Kegiatan pembelajaran
Metode/strategi
Media pembelajaran/ sumber belajar
5 Menit
a.       Berbaris dilapangan, presensi, apersepsi dan pemanasan inti
b.      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Ceramah
1.      Buku absen
2.      Peralatan olahraga
3.      Buku referensi
4.      Buku paket
Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan

b.      Kegiatan Inti
Waktu
Kegiatan pembelajaran
Metode/strategi
Media pembelajaran/
sumber belajar
25 Menit
a.       Mempraktekkan gerak mengoper dan menerima bola
b.      Mengoper mengontrol dan menyundul
c.       Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
d.      Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan yang sportivitas
e.       melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
f.       memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
g.      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
h.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
i.        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
a.       Ceramah
b.      Demonstra
c.       Penugasan
d.      Latihan
e.       Tanya jawab
1.      Buku absen
2.      Peralatan olahraga
3.      Buku referensi
4.      Buku paket Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan


c.       Kegiatan Penutup
Waktu
Kegiatan pembelajaran
Metode/strategi
Media pembelajaran/
sumber belajar
5 Menit
a.       Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
Ceramah
1.       Buku absen
2.       Peralatan olahraga
3.       Bulu referensi
4.       Buku paket Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan

I.       Media / Sumber Belajar
1.      Buku absen
2.      Peralatan olahraga
3.      Bulu referensi
4.      Heryan Dadan, Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan kesehatan untuk Siswa SD – MI Kelas 5, Jakarta: Pusat Perbukuaan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010
J.       Penilaian                     
Indikator pencapaian kompetensi
Tehnik penilaian
Bentuk instrument
Instrument / soal
·   Melakukan gerakan:
·   Mengoper dan menerima
·   Mengoper dan mengontrol
·   Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi

Test pengamatan
Test praktek
Praktikkanlah melempar bola

Praktikkanlah menagkap bola dengan benar
1.      Rubric Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN SEPAK BOLA

ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1.      Mengoper dan menerima
2.      Mengoper dan mengontrol
3.      Bermain Sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi





JUMLAH




JUMLAH SKOR MAKSIMAL







2.      Lembar Penilaian
No
Nama siswa
performan
Jumlah skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
sikap
1






2






3






CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial

Mengetahui,
Dosen
Praktikan




NIP.




NIM.

Tidak ada komentar: