RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH :
MADRASAH IBTIDAIYYAH
KELAS
/ SEMESTER : 4 / 1
TEMA
/ SUB TEMA : MARI BERZAKAT FITRAH
Pembelajaran
ke : 1
ALOKASI
WAKTU : 1 X 30
I.
KOMPETENSI INTI
K-1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
K-2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri,
dalam berinteraksi dengan keluarga teman, guru dan tetangganya.
K-3 :
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya.
K-4 : Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sestimatis dan logis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
II.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mapel : FIQH
KD-KI-1 :1.1 Menjalankan ketentuan zakat fitrah
Indikator :1.1.1 Menunjukkan dasar hokum zakat
fitrah
KD-KI-2 :2.1 Menjalankan ketentuan zakat fitrah
Indikator :2.1.11 Menguraikan hokum zakat fitrah
KD-KI-3 :3.1 Memahami ketentuan zakat fitrah
Indikator :3.1.1 Menjelaskan pengertian zakat
fitrah
KD-KI-4 :4.1 Mensimulasikan zakat fitrah
Indikator :4.1.1Melafalkan niat zakat fitrah
III.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
Waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode/strategi
|
Media
pembelajaran/ sumber belajar
|
5 Menit
|
a. Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama
b. Guru
mengabsen peserta didiknya
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Ceramah
|
1. Buku
absen
2. Papan
tulis
3. Spidol
4. Buku
paket fiqih
|
b. Kegiatan
Inti
Waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode/strategi
|
Media
pembelajaran/
sumber
belajar
|
20 Menit
|
a. Guru
meminta peserta didik membaca beserta perenungan isi materi zakat Fitrah.
b. Peserta
didik mengemukakan hasil bacaan materi zakat fitrah.
c. Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik
tentang hasil bacaannya tentang materi zakat fitrah.
d. Guru
meminta kembali peserta didik untuk mengamati materi zakat fitrah.
e. Peserta
didik mengemukakan isi materi zakat fitrah.
f. Guru
memberikan penjelasan tambahan kembali dan penguatan yang dikemukaan peserta
didik tentang isi materi zakat fitrah.
g. Pada
kolom “tugasku” guru menugaskan
peserta didik untuk berlatih di rumah di hadapan orang tuanya kemudian
diminta untuk melaporkan hasil pengamatan orangtua tentang kelancaran bacaan
setiap peserta didik.
h.
Guru dan peserta didik
menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku
teks siswa pada kolom rangkuman.
i.
Pada kolom “Ayo berlatih”, guru:
1.
Membimbing peserta didik untuk
mengisi lembar centang dan membuat contoh ketentuan zakat fitrah.
2.
Meminta peserta didik untuk
mengerjakan bagian pilihan dan uraian.
3.
Meminta orang tua peserta didik
untuk membimbing anaknya dalam kolom tugasku.
|
a. Ceramah
b. 1.
PAKEM
2. Small
group
c. Ceramah
d. 1.
PAKEM
2. Small
group
|
1. Buku
absen
2. Papan
tulis
3. Spidol
4. Buku
paket fiqih
|
c. Kegiatan
Penutup
Waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode/strategi
|
Media
pembelajaran/
sumber
belajar
|
5
Menit
|
a. Sebelum
proses pembelajaran pada hari ini diakhiri guru memberikan ulasan keterangan
penguatan materi secara umum yang terkait dengan proses pembelajaran.
b. Guru
memberikan tes evaluasi materi zakat fitrah sesuai yang terdapat pada kolom
“Ayo Menjawab.”
c. Guru
memberikan tugas yang harus diketahui oleh orang tua peserta didik yang
terdapat pada kolom “tugasku”.
d. Guru
menutup proses pembelajaran dengan membaca hamdalah, doa bersamasama peserta
didik dan diakhiri mengucapkan salam.
|
Ceramah
|
1. Buku
absen
2. Papan
tulis
3. Spidol
4. Buku
paket fiqih
|
IV.
PENILAIAN, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
a. Jenis
/teknik penilaian
1. Penilaian
sikap
a. Observasi
1) Bentuk
daftar cek
Lembar
Pengamatan Sikap
Tema :
Sub Tema :
Hari/tanggal :
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perilaku yang diamati
|
||||||||
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 3:
Membudaya 2: Berkembang 1: Belum terlihat
2)
Penilaian
pada skala sikap diambil pada kolom tentukan sikapmu
Berilah tanda centang ( √ ) pada jawaban yang sesuai
dengan pendapatmu!
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|
1
|
Pak
Muhammad adalah orang yang kaya di desanya, tetapi tidak pernah mau membayar
zakat
|
S
|
TS
|
2
|
Pak
Aziz kurang mampu tetapi setiap sebelum hari raya idul Fitri akan
mengeluarkan zakat fitrah.
|
|
|
3
|
Pak
Saeful Umam orang yang banyak memiliki hutang (ghorim) tetapi tidak pernah
mendapatkan jatah pemberian zakat fitrah.
|
|
|
4
|
Pak
Yusuf baru masuk agama Islam (muallaf), dia menerima zakat fitrah.
|
|
|
5
|
Ketentuan
zakat fitrah adalah 2,5 kg beras, tetapi karena pak Mujahid orang yang kaya
maka membayar 10 kg beras.
|
|
|
6
|
Pak
Akhmad Syifa takbiran sampai larut malam sehingga lupa membayar zakat fitrah.
|
|
|
7
|
Di
Musholla Pak Hasan mengadakan pengumpulan zakat fitrah dan selalu aktif
mengikuti kegiatan tersebut.
|
|
|
8
|
Karena
Ibu Siti tidak memiliki beras untuk membayar zakat fitrah, maka Ibu Siti
membayarnya dengan uang.
|
|
|
9
|
Khaerudin
mengeluarkan zakat fitrah dengan beras yang banyak kutunya
|
|
|
10
|
Fitria
adalah orang yang kurang mampu tetapi dia kurang mensyukuri zakat fitrah yang
diterimanya karena terlalu sedikit
|
|
|
Keterangan : S : Setuju TS : Tidak Setuju
2. Kolom
Pilihan Ganda dan Uraian
a.
Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1
(maksimal 10 x 1 = 10)
b.
Uraian: Rubrik Penilaian
No
soal
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
a. Jika
peserta didik dapat menjelaskan pengertian zakat fitrah, lengkap, dan
sempurna, skor 10.
b. Jika
peserta didik dapat menjelaskan pengertian zakat fitrah bahasa kurang lengkap
kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
2
|
a. Jika
peserta didik dapat menjelaskan hukum zakat fitrah, lengkap, dan sempurna,
skor 20.
b. Jika
peserta didik dapat menjelaskan hukum zakat fitrah bahasa kurang lengkap,
skor 10.
|
20
|
3
|
a. Jika
peserta didik dapat menjelaskan benda yang dipakai untuk menunaikan zakat
fitrah secara istilah dengan benar, skor 10
b. Jika
peserta didik dapat menjelaskan benda yang dipakai untuk menunaikaa zakat
fitrah secara istilah kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
4
|
a. Jika
peserta didik dapat menjelaskan asnaf yang berhak menerima zakat dengan
benar, skor 20.
b. Jika
peserta didik dapat menjelaskan asnaf yang berhak menerima zakat kurang
lengkap, skor 10.
|
20
|
5
|
a. Jika
peserta didik dapat menjelaskan besar zakat fitrah yang ditanggung keluarga
dengan benar, skor 20.
b. Jika
peserta didik dapat menjelaskan besar zakat fitrah yang ditanggung keluarga
kurang lengkap, skor 10.
|
20
|
Pedoman
pensekoran : Skor Maksimal : 80
Nilai
akhir : Skor Diperoleh
dibagi 80 X 100
Kunci Jawaban
1
|
A
|
6
|
C
|
11
|
Budak
|
16
|
Maal
|
2
|
B
|
7
|
B
|
12
|
Sedekah
|
17
|
Sabilillah
|
3
|
C
|
8
|
D
|
13
|
Suci
|
18
|
Zakat
|
4
|
D
|
9
|
A
|
14
|
Musafir
|
19
|
Tijaroh
|
5
|
A
|
10
|
B
|
15
|
2,5
kg
|
20
|
Muallaf
|
21.
Zakat firah disebut zakat jiwa yaitu setiap jiwa/orang yang beragama Islam
harus memberikan harta yang berupa makanan pokok kepada orang yang berhak
menerimanya, dan dikeluarkan pada bulan Ramadhan sampai dengan sebelum salat
Idul Fitri pada bulan Syawal
22.
Mengeluarkan zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap orang Islam baik laki-laki
maupun perempuan, merdeka atau hamba sahaya.
23.
Benda yang digunakan untuk menunaikan zakat fitrah: gandum atau tamar ataupun
makanan pokok pada suatu daerah tertentu seperti beras di Indonesia pada
umumnya, jagung di Madura, sagu di Papua dan lain-lain.
24.
Asnaf 8 yang menerima zakat fitrah: a.
Fakir ádalah orang yang tidak memiliki harta benda dan tidak memiliki pekerjaan
untuk mencarinya. b. Miskin adalah orang yang memiliki harta tetapi hanya cukup
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. c. Amil adalah orang yang mengelola
pengumpulan dan pembagian zakat. d. Muallaf adalah orang yang masih lemah imannya
karena baru mengenal dan menyatakan masuk Islam. e. Budak atau hamba sahaya
adalah orang yang memiliki kesempatan untuk merdeka tetapi tidak memiliki harta
benda untuk menebusnya. Untuk sekarang ini, perbudakan semacam itu sudah tidak
ada di negara kita (Indonesia). f. Garim yaitu orang yang memiliki hutang
banyak sedangkan dia tidak bisa melunasinya. g. Fisabilillah adalah orang-orang
yang berjuang di jalan Allah sedangkan dalam perjuangannya tidak mendapatkan
gaji dari siapapun. h. Ibnu Sabil yaitu orang yang kehabisan bekal dalam
perjalanan, sehingga sangat membutuhkan bantuan.
25.
Diketahui : Keluarga terdiri dari ayah,ibu, dan 3 anak = 5 anggota keluarga
Besar zakat firah 2,5 kg Ditanya : Banyak zakat fitrah yang ditunaikan. Jawab :
Banyak anggota keluarga x besar zakat 5 orang x 2,5 kg = 12,5 kg Jadi zakat
fitrah yang ditunaikan adalah 12,5 kg.
b. Remedial
Peserta
didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi
tentang zakat fitrah. Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal
yang sejenis. Remedial
dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan
contoh: pada saat jam
belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah
jam pelajaran selesai).
c. Pengayaan
Peserta
didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah
disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan sekitar materi zakat fitrah.
(Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil
dalam pengayaan).
V.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a. Media/alat.
1. Buku
absen
2. Papan
tulis
3. Spidol
4. Buku
paket fiqih
b. Bahan
ajar
1. Materi
fikih kelas IV
c. Sumber
belajar
Syam
Nur, Buku Guru Fikih Pendekatan Saintifik
Kurikulum 2013 MI Kelas IV, 2014, Jakarta, Direktorat Pendidikan Madrasah.
Mengetahui,
Dosen
pembimbing lapangan
|
Praktikan
|
NIP.
|
NIM.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar