Senin, 29 Februari 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH              : MADRASAH IBTIDAIYYAH
KELAS / SEMESTER         : 4 / 1
TEMA / SUB TEMA                        : MARI BERZAKAT FITRAH
Pembelajaran ke                   : 1
ALOKASI WAKTU                        : 1 X 30

I.                   KOMPETENSI INTI
K-1      : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
K-2      :     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga teman, guru dan tetangganya.
K-3      :     Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya.
K-4      :     Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sestimatis dan logis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
II.                KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mapel : FIQH
KD-KI-1         :1.1 Menjalankan ketentuan zakat fitrah
Indikator         :1.1.1 Menunjukkan dasar hokum zakat fitrah
KD-KI-2         :2.1 Menjalankan ketentuan zakat fitrah
Indikator         :2.1.11 Menguraikan hokum zakat fitrah
KD-KI-3         :3.1 Memahami ketentuan zakat fitrah
Indikator         :3.1.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah
KD-KI-4         :4.1 Mensimulasikan zakat fitrah
Indikator         :4.1.1Melafalkan niat zakat fitrah

III.             LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
a.       Kegiatan Pendahuluan
Waktu
Kegiatan pembelajaran
Metode/strategi
Media pembelajaran/ sumber belajar
5 Menit
a.       Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.      Guru mengabsen peserta didiknya
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Ceramah
1.      Buku absen
2.      Papan tulis
3.      Spidol
4.      Buku paket fiqih


b.      Kegiatan Inti
Waktu
Kegiatan pembelajaran
Metode/strategi
Media pembelajaran/
sumber belajar
20 Menit
a.       Guru meminta peserta didik membaca beserta perenungan isi materi zakat Fitrah.
b.      Peserta didik mengemukakan hasil bacaan materi zakat fitrah.
c.       Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil bacaannya tentang materi zakat fitrah.
d.      Guru meminta kembali peserta didik untuk mengamati materi zakat fitrah.
e.       Peserta didik mengemukakan isi materi zakat fitrah.
f.       Guru memberikan penjelasan tambahan kembali dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang isi materi zakat fitrah.
g.      Pada kolom “tugasku” guru menugaskan peserta didik untuk berlatih di rumah di hadapan orang tuanya kemudian diminta untuk melaporkan hasil pengamatan orangtua tentang kelancaran bacaan setiap peserta didik.
h.      Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.
i.        Pada kolom “Ayo berlatih”, guru:
1.      Membimbing peserta didik untuk mengisi lembar centang dan membuat contoh ketentuan zakat fitrah.
2.      Meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan dan uraian.
3.      Meminta orang tua peserta didik untuk membimbing anaknya dalam kolom tugasku.
a.       Ceramah
b.      1.   PAKEM
2.      Small group
c.       Ceramah
d.      1. PAKEM
2.      Small group

1.      Buku absen
2.      Papan tulis
3.      Spidol
4.      Buku paket fiqih


c.       Kegiatan Penutup
Waktu
Kegiatan pembelajaran
Metode/strategi
Media pembelajaran/
sumber belajar
5 Menit
a.       Sebelum proses pembelajaran pada hari ini diakhiri guru memberikan ulasan keterangan penguatan materi secara umum yang terkait dengan proses pembelajaran.
b.      Guru memberikan tes evaluasi materi zakat fitrah sesuai yang terdapat pada kolom “Ayo Menjawab.”
c.       Guru memberikan tugas yang harus diketahui oleh orang tua peserta didik yang terdapat pada kolom “tugasku”.
d.      Guru menutup proses pembelajaran dengan membaca hamdalah, doa bersamasama peserta didik dan diakhiri mengucapkan salam.
Ceramah
1.       Buku absen
2.       Papan tulis
3.       Spidol
4.       Buku paket fiqih


IV.             PENILAIAN, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
a.       Jenis /teknik penilaian
1.      Penilaian sikap
a.       Observasi
1)      Bentuk daftar cek
Lembar Pengamatan Sikap
Tema                     :
Sub Tema              :
Hari/tanggal          :                      
No
Nama Peserta Didik
Perilaku yang diamati
Percaya diri
Disiplin
Bekerjasama
3
2
1
3
2
1
3
2
1
1










2










3










            Keterangan:  3: Membudaya  2: Berkembang  1: Belum terlihat
2)      Penilaian pada skala sikap diambil pada kolom tentukan sikapmu
Berilah tanda centang ( √ ) pada jawaban yang sesuai dengan pendapatmu!   
No
Pernyataan
Jawaban
1
Pak Muhammad adalah orang yang kaya di desanya, tetapi tidak pernah mau membayar zakat
S
TS
2
Pak Aziz kurang mampu tetapi setiap sebelum hari raya idul Fitri akan mengeluarkan zakat fitrah.


3
Pak Saeful Umam orang yang banyak memiliki hutang (ghorim) tetapi tidak pernah mendapatkan jatah pemberian zakat fitrah.


4
Pak Yusuf baru masuk agama Islam (muallaf), dia menerima zakat fitrah.


5
Ketentuan zakat fitrah adalah 2,5 kg beras, tetapi karena pak Mujahid orang yang kaya maka membayar 10 kg beras.


6
Pak Akhmad Syifa takbiran sampai larut malam sehingga lupa membayar zakat fitrah.


7
Di Musholla Pak Hasan mengadakan pengumpulan zakat fitrah dan selalu aktif mengikuti kegiatan tersebut.


8
Karena Ibu Siti tidak memiliki beras untuk membayar zakat fitrah, maka Ibu Siti membayarnya dengan uang.


9
Khaerudin mengeluarkan zakat fitrah dengan beras yang banyak kutunya


10
Fitria adalah orang yang kurang mampu tetapi dia kurang mensyukuri zakat fitrah yang diterimanya karena terlalu sedikit


            Keterangan : S : Setuju TS : Tidak Setuju
2.      Kolom Pilihan Ganda dan Uraian
a.        Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x 1 = 10)
b.      Uraian: Rubrik Penilaian
No
soal
Rubrik Penilaian
Skor
1
a.       Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian zakat fitrah, lengkap, dan sempurna, skor 10.
b.      Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian zakat fitrah bahasa kurang lengkap kurang lengkap, skor 5.
10
2
a.       Jika peserta didik dapat menjelaskan hukum zakat fitrah, lengkap, dan sempurna, skor 20.
b.      Jika peserta didik dapat menjelaskan hukum zakat fitrah bahasa kurang lengkap, skor 10.
20
3
a.       Jika peserta didik dapat menjelaskan benda yang dipakai untuk menunaikan zakat fitrah secara istilah dengan benar, skor 10
b.      Jika peserta didik dapat menjelaskan benda yang dipakai untuk menunaikaa zakat fitrah secara istilah kurang lengkap, skor 5.
10
4
a.       Jika peserta didik dapat menjelaskan asnaf yang berhak menerima zakat dengan benar, skor 20.
b.      Jika peserta didik dapat menjelaskan asnaf yang berhak menerima zakat kurang lengkap, skor 10.
20
5
a.       Jika peserta didik dapat menjelaskan besar zakat fitrah yang ditanggung keluarga dengan benar, skor 20.
b.      Jika peserta didik dapat menjelaskan besar zakat fitrah yang ditanggung keluarga kurang lengkap, skor 10.
20
           
Pedoman pensekoran :  Skor Maksimal : 80
            Nilai akhir :                 Skor Diperoleh dibagi 80  X 100
            Kunci Jawaban
1
A
6
C
11
Budak
16
Maal
2
B
7
B
12
Sedekah
17
Sabilillah
3
C
8
D
13
Suci
18
Zakat
4
D
9
A
14
Musafir
19
Tijaroh
5
A
10
B
15
2,5 kg
20
Muallaf

21. Zakat firah disebut zakat jiwa yaitu setiap jiwa/orang yang beragama Islam harus memberikan harta yang berupa makanan pokok kepada orang yang berhak menerimanya, dan dikeluarkan pada bulan Ramadhan sampai dengan sebelum salat Idul Fitri pada bulan Syawal
22. Mengeluarkan zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, merdeka atau hamba sahaya.
23. Benda yang digunakan untuk menunaikan zakat fitrah: gandum atau tamar ataupun makanan pokok pada suatu daerah tertentu seperti beras di Indonesia pada umumnya, jagung di Madura, sagu di Papua dan lain-lain.
24. Asnaf 8 yang menerima zakat fitrah:  a. Fakir ádalah orang yang tidak memiliki harta benda dan tidak memiliki pekerjaan untuk mencarinya. b. Miskin adalah orang yang memiliki harta tetapi hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. c. Amil adalah orang yang mengelola pengumpulan dan pembagian zakat. d. Muallaf adalah orang yang masih lemah imannya karena baru mengenal dan menyatakan masuk Islam. e. Budak atau hamba sahaya adalah orang yang memiliki kesempatan untuk merdeka tetapi tidak memiliki harta benda untuk menebusnya. Untuk sekarang ini, perbudakan semacam itu sudah tidak ada di negara kita (Indonesia). f. Garim yaitu orang yang memiliki hutang banyak sedangkan dia tidak bisa melunasinya. g. Fisabilillah adalah orang-orang yang berjuang di jalan Allah sedangkan dalam perjuangannya tidak mendapatkan gaji dari siapapun. h. Ibnu Sabil yaitu orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan, sehingga sangat membutuhkan bantuan.
25. Diketahui : Keluarga terdiri dari ayah,ibu, dan 3 anak = 5 anggota keluarga Besar zakat firah 2,5 kg Ditanya : Banyak zakat fitrah yang ditunaikan. Jawab : Banyak anggota keluarga x besar zakat 5 orang x 2,5 kg = 12,5 kg Jadi zakat fitrah yang ditunaikan adalah 12,5 kg.
b.      Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi tentang zakat fitrah. Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal
yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan
contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

c.       Pengayaan 
Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan sekitar materi zakat fitrah. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

V.                MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a.       Media/alat.
1.      Buku absen
2.      Papan tulis
3.      Spidol
4.      Buku paket fiqih
b.      Bahan ajar
1.      Materi fikih kelas IV
c.       Sumber belajar
Syam Nur, Buku Guru Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 MI Kelas IV, 2014, Jakarta, Direktorat Pendidikan Madrasah.  

Mengetahui,
Dosen pembimbing lapangan
Praktikan




NIP.
NIM.


Tidak ada komentar: