RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : M I MA’ARIF
PATIHANWETAN
MATA
PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS
/ SEMETER : 5 / 2
ALOKASI
WAKTU : 2 X 35
A. Standar
Kompetisi
2. Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu
persoalan, menceritakan hasil pengamatan atau berwawancara.
B. Kompetensi Dasar
2.3 Berwawancara
sederhana dengan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dan lain
lain) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
C. Indikator
2.3.1
siswa dapat
membuat daftar pertanyaan berwawancara
2.3.2
siswa dapat melakukan
persiapan sebelum wawancara
2.3.3
siswa dapat melakukan
berwawancara
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
diharapkan mengetahui berwawancara
2. Siswa
diharapkan menjelaskan berwawancara
3. siswa
diharapkan membuat daftar pertanyaan berwawancara
4. Siswa
diharapkan melakukan berwawancara
E. Nilai Pendidikan
Karakter (NPK)
Disiplin (Discipline), Tekun (diligence),
Tanggung jawab (responsibility),
Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Toleransi (Tolerance),
Percaya diri (Confidenc ) &
Keberanian (Bravery).
F. Materi Pembelajaran
1.
Membuat daftar
pertanyaan
Wawancara adalah percakapan antara
dua pihak yang ditujukan untuk mencari keterangan.
Membuat daftar pertanyaan adalah
hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan wawancara. Tujuannya agar
pertanyaan yang diajukan terarah dan memenuhi sasaran. Sebelum membuat
pertanyaan kamu harus menentukan topik wawancara, misalnya, tentang perdagangan
dan juga harus disesuaikan.
Kamu dapat membuat daftar
pertanyaannya seperti contoh berikut ini :
a.
Sejak kapan
bapak berjualan tanaman hias ini?
b.
Tanaman hias apa
saja yang ada dikebun bunga bapak ini?
c.
Mengapa bapak
memilih usaha seperti ini?
d.
Berapa
pendapatan rata-rata penjualan tanaman hias ini setiap hari?
2.
Persiapan sebelum
wawancara
a.
Persiapan
sebelum wawancara, antara lain:
1.
Membuat jadwal
atau janji dengan narasumber, kapan dan di mana wawancara berlangsung.
2.
Mempersiapkan
garis besar hal-hal yang akan ditanyakan pada narasumber.
3.
Mempersiapkan
alat pencatat atau perekam yang berfungsi dengan baik.
b.
Tahap-tahap Wawancara
Tahap pembukaan
a.
Pewawancara memperkenalkan diri
dengan menyebutkan asal sekolah.
b.
Pewawancara mengemukakan maksud
dan tujuan wawancara.
Tahap inti
a.
Pewawancara mengajukan pertanyaan
sesuai yang telah dirancang.
b.
Pertanyaan ini diajukan secara
jelas, teratur dan sopan.
Tahap akhir
a.
Akhiri wawancara dengan kesan yang
baik dan menyenangkan.
b.
Pewawancara mengucapkan terima
kasih dan berpamitan dengan sopan.
c.
Saat berwawancara jangan lupa
menulis biodata narasumber.
d.
Cantumkan dalam laporan hasil
wawancara kamu.
Misalnya :
Nama
:
Usia
:
Jenis
Kelamin :
Pekerjaan
:
Alamat
:
3.
Melakukan
wawancara
Dalam melakukan wawancara
menggunakan kata tanya berikut ini
1.
Apa, Kata tanya
apa dapat berada diawal, ditengah, maupun diakhir kalimat.
Contoh : Tanaman hias apa yang ada
dikebun bunga bapak?
2.
Siapa, Kata
tanya siapa, antara lain digunakan untuk menanyakan tuhan, manusia, malaikat,
atau dewa dewi.
Contoh : Siapa yang mengajarimu
menari?
3.
Kapan, Kata
tanya kapan digunakn untuk menanyakan waktu
Contoh : Kapan kamu datang?
4.
Berapa, Kata
tanya apa dapat berada diawal, ditengah, maupun diakhir kalimat, Kata tanya
berpa menanyak jumlah.
Contoh
: Berapa orang yang membantu bapak mengelola usaha ini?
5.
Mana, dapat
berdiri sendiri atau bersama-sama dengn kata depan di, ke, maupun dari. Contoh
: mana bukumu?
G. Metode Pembelajaran
-
Ceramah - Demonstrasi
- Penugasan - Latihan - Tanya jawab
H. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
Waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode
/ strategi
|
Media
pembelajaran/ sumber belajar
|
5 Menit
|
a. Guru mengucapkan salam kepada siswa
b. Guru dan siswa berdoa bersama
c. Guru mengaitkan pelajaran yang sudah dilaluinya
d. Guru bertanya kepada siswa apa itu keragaman
e. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Ceramah
|
1. Buku absen
2. Papan tulis
3. Spidol
4. Buku paket Bahasa Indonesia
|
b. Kegiatan
Inti
Waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode
/ strategi
|
Media
pembelajaran/
sumber
belajar
|
25 Menit
|
a. Guru meminta peserta didik membaca beserta
perenungan isi materi berwawancara
b. Peserta didik mengemukakan hasil bacaan materi
berwawancara
c. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan
yang dikemukaan peserta didik tentang hasil bacaannya tentang materi
berwawancara
d. Guru meminta peserta didik untuk praktekkan berwawancara.
e. Peserta didik mengemukakan isi materi berwawancara.
f. Guru meminta siswa untuk mempelajari materi
selanjutnya
g. Guru memberikan penjelasan tambahan kembali dan
penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang isi berwawancara
h. guru menugaskan peserta didik untuk berlatih
mandiri
i.
Guru dan
peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut
j.
Guru
memberikan tugas berwawancara
k. Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif
l.
Guru
memberikan tes evaluasi materi berwawancara
|
a. Demonstrasi
b. Penugasan
c. Latihan
d. Tanya jawab
|
1. Buku absen
2. Papan tulis
3. Spidol
4. Buku paket Bahasa Indonesia
|
c. Kegiatan
Penutup
Waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode
/ strategi
|
Media
pembelajaran/
sumber
belajar
|
5 Menit
|
a. Guru menyimpulkan hasil pembelajaran bersama dengan
peserta didik.
b. Sebelum proses pembelajaran pada hari ini diakhiri
guru memberikan ulasan keterangan penguatan materi secara umum yang terkait
dengan proses pembelajaran.
c. Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
d. Guru memberikan tugas yang harus diketahui oleh
orang tua terhadap peserta didik.
e. Guru menutup proses pembelajaran dengan membaca
hamdalah, doa bersamasama peserta didik dan diakhiri mengucapkan salam.
|
Ceramah
|
1. Buku absen
2. Papan tulis
3. Spidol
4. Buku paket Bahasa Indonesia
|
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
Waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode
/ strategi
|
Media
pembelajaran/ sumber belajar
|
5 Menit
|
a. Guru mengucapkan salam kepada siswa
b. Guru dan siswa berdoa bersama
c. Guru mengaitkan pelajaran yang sudah dilaluinya
d. Guru bertanya kepada siswa apa itu keragaman
e. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Ceramah
|
Buku
absen
Papan
tulis
Spidol
Buku
paket Bahasa Indonesia
|
b. Kegiatan
Inti
Waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode
/ strategi
|
Media
pembelajaran/
sumber
belajar
|
2. Menit
3
Menit
15
Menit
2
Menit
3
Menit
|
a. Guru meminta peserta didik untuk membagi kelompok
menjadi 4 kelompok berwawancara
b. Guru memberikan penjelasan tugas wawancara sebelum keluar dari kelas
c. Guru menyuruh siswa berwawancara diluar kelas
sesuai dengan tugasnya masing-masing
d. Guru mengecek laporan terkait dengan wawancara
tersebut
e. Guru menyuruh siswa untuk membacakan hasil
wawancaranya
|
Ceramah
Demonstrasi
Penugasan
Latihan
Tanya jawab
|
Buku
absen
Papan
tulis
Spidol
Buku
paket Bahasa Indonesia
|
c. Kegiatan
Penutup
Waktu
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Metode
/ strategi
|
Media
pembelajaran/
sumber
belajar
|
5 Menit
|
a. Guru menyimpulkan hasil pembelajaran bersama
dengan peserta didik.
b. Sebelum proses pembelajaran pada hari ini diakhiri
guru memberikan ulasan keterangan penguatan materi secara umum yang terkait
dengan proses pembelajaran.
c. Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
d. Guru memberikan tugas yang harus diketahui oleh
orang tua terhadap peserta didik.
e. Guru menutup proses pembelajaran dengan membaca
hamdalah, doa bersamasama peserta didik dan diakhiri mengucapkan salam.
|
Ceramah
|
Buku
absen
Papan
tulis
Spidol
Buku
paket Bahasa Indonesia
|
G.
Media,
Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1.
Sumber belajar
|
: Suyatno, Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SD dan MI kelas 5. Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
|
2. Media pembelajaran
|
: Buku tulis, spidol,
papan tulis, , lembar soal
|
H.
Penilaian
Jenis/ teknik Penilaian
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
No soal
|
2.31
Siswa dapat membuat daftar
pertanyaan berwawancara
|
Tes tertulis
|
Tertulis
|
-
|
2.32
Siswa dapat melakukan persiapan
sebelum wawancara
|
Tes tertulis
|
Tertulis
|
|
2.33
Siswa dapat melakukan wawancara
|
Non tes
|
Praktek
|
|
I.
Lampiran
1.
Lembar
analisi KKM
2. Instrument penilain karakter
3. Hand out materi
4. Instrumen penilaian
Mengetahui,
|
Ponorogo,
19 Oktober 2016
|
Guru Pamong
Ikhwanul Fatah, S.Ag
|
Mahasiswa
Wahyu Maruto Aji
NIM.
210613166
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar