Minggu, 18 November 2018

REVIEW THESIS Aktualisasi Nilai Kemandirian dalam Membentuk Pribadi Unggul


Oleh:Muhammad Fudaili
Jurusan : Manajemen Zakat dan Wakaf

Judul Thesis    : Aktualisasi Nilai Kemandirian Siswa dalam Membentuk Pribadi Unggul Siswa Kelas XIIA Jurusan Jasa Boga di SMKN 1 Sawoo
Penulis             : Eko Sunyono (210308151)
Jurusan/Prodi  :Tarbiyah/PAI 2012

Ilustrasi Thesis
            Penelitian ini berangkat dari fenomena proses belajar mengajar dalam lingkungan pendidikan yang menentukan berhasil atau tidaknya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di dalam instansi sekolah. Lembaga pendidikan yang merupakan upaya strategi sebagai wadah resmi pembinaan genersi muda diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam pembentukan kepribadian peserta didik. Didalam pendidikan karakter terdapat juga nilai-nilai yang mampu menanamkan peserta didik untuk selalu menjaga nilai kemandirian, kehormatan dan harga diri yang tidak bisa dinilai dengan sesuatu apapun.
            Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian thesis ini adalah metode kualitatif dengan mengambil fokus penelitian pada nilai kemanidirian dalam bentuk pribadi unggul siswa kelas XIIA Jurusan Jasa Boga. Informasi mengenai aktualisasi nilai kemandirian dalam bentuk pribadi unggul siswa diperoleh penulis dari sumber data primer dan sekunder, proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian, sehingga sampai tuntas.
            Untuk mendapatkan sebuah jawaban dari tema yang diangkat dari thesis ini penulis melakukan deskripsi intensif dan analisis fenomena tertentu atau satuan sosial seperti individu, kelompok, institusi, atau masyarakat dan merupakan penyelidikan secara rinci atau setting, subjek tunggal, satu kumpulan dokumen atau suatu kejadian tertentu yang berkaitan dengan tema dari thesis yang diambil penulis.
            Penelitian thesis ini memberikan kesimpulan bahwa aktualisasi nilai kemandirian dalam membentuk pribadi unggul siswa kelas XIIA jurusan jasa boga di SMKN 1 Sawoo meliputi strategi partisipasi, strategi keterbukaan, strategi kebebasan. Sedangkan bentuk dari nilai kemandirian meliputi kemandirian emosi, kemandirian ekonomi, kemandirian intelektual, dan kemandirian sosial.
Hasil Review:
            Dalam thesis ini tidak didefinisikan secara spesifik mengenai pendekatan yang digunakan dalam penelitian, penulis hanya memaparkan teori yang menjadi acuan dalam penulisn thesis. Seperti yang disebutkan dalam thesis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis studi kasus. Namun, dalam aplikasinya teori ini tidak dipaparkan secara rinci. Sehingga masih menimbulkan pertanyaan bagi pembaca, bagaimana sebenarnya ‘cara kerja’ dari teori tersebut.
            Selain itu, dalam thesis ini tidak disebutkan dalam pengambilan sampel (sampling) yang digunakan dalam penelitian. Sampling merupakan salah satu langkah yang penting dalam penelitian, sampling juga menentukan validitas dari suatu hasil penelitian, dalam arti menentukan seberapa besar atau sejauh mana keberlakuan generalisasi hasil penelitian tersebut.
            Keberadaan sampling dalam thesis sangat diperlukan untuk mengeneralisasi hasil suatu penelitian. Berkaitan dengan aktualisasi nilai kemandirian serta berdasar pada kesimpulan dari hasil penelitian ini, apakah bisa meratakan pernyataan bahwa dalam aktualisasi nilai kemandrian dalam membentuk nilai pribadi unggul siswa dalam jangka waktu selama 3 tahun. Namun, dalam realisasi pelaksanannya kemandirian siswa berbeda-beda.
            Terkait dengan masalah variabel, dalam metode penelitian dikenal dengan istilah variabel bebas (independent variable) dan variabel tergantung (dependent variable). Kedua variabel tersebut saling memberi pengaruh satu sama lain. Sedangkan dalam thesis ini tidak dijelaskan bagian mana yang termasuk kategori variabel bebas dan variabel tergantung. Karena dengan adanya kategoriasi akan memperjelas faktor apa yang menjadi pokok permasalahan yang ingin diteliti, kemudian apa yang pengaruh dari faktor utama tersebut terhadap faktor yang lain, akan tergambar jelas yang mempengaruhi antara faktor yang mempengarhi dengan faktor yang dipengaruhi.
            Selain itu, terdapat beberapa hal teknis yang menjadi kekurangan dalam thesis ini terkait dengan kualitas penulisan. Di antaranya yaitu, ketidak sesuaian antara nomor-nomor halaman pada daftar isi dengan nomor dalam isi thesis itu sendiri. Selain itu juga terdapat dalam ejaan kata yang terbalik dalam penulisan sebagai contoh kata “dlaam” yang seharusnya “dalam”. Kemudian dalam abstrak juga tidak disebutkan kata kunci (key note). Dengan demikian peneliti diharapkan lebih jeli dalam melaksanakan penelitian baik dalam proses penelitian ataupun dalam proses pengetikan atau pembukuan. Sehingga, kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi akan sedikit.

Tidak ada komentar: