Oleh:Muhammad Fudaili
Jurusan : Manajemen Zakat dan Wakaf
Judul Thesis : Aktualisasi
Nilai Kemandirian Siswa dalam Membentuk Pribadi Unggul Siswa Kelas XIIA Jurusan
Jasa Boga di SMKN 1 Sawoo
Penulis
: Eko Sunyono (210308151)
Jurusan/Prodi :Tarbiyah/PAI 2012
Ilustrasi
Thesis
Penelitian ini berangkat dari fenomena proses belajar mengajar
dalam lingkungan pendidikan yang menentukan berhasil atau tidaknya dalam upaya
meningkatkan mutu pendidikan di dalam instansi sekolah. Lembaga pendidikan yang
merupakan upaya strategi sebagai wadah resmi pembinaan genersi muda diharapkan
dapat meningkatkan perannya dalam pembentukan kepribadian peserta didik.
Didalam pendidikan karakter terdapat juga nilai-nilai yang mampu menanamkan
peserta didik untuk selalu menjaga nilai kemandirian, kehormatan dan harga diri
yang tidak bisa dinilai dengan sesuatu apapun.
Metode penelitian
yang diterapkan dalam penelitian thesis ini adalah metode kualitatif dengan
mengambil fokus penelitian pada nilai kemanidirian dalam bentuk pribadi unggul
siswa kelas XIIA Jurusan Jasa Boga. Informasi mengenai aktualisasi
nilai kemandirian dalam bentuk pribadi unggul siswa diperoleh penulis dari
sumber data primer dan sekunder, proses pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam
analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara
terus menerus pada setiap tahapan penelitian, sehingga sampai tuntas.
Untuk mendapatkan
sebuah jawaban dari tema yang diangkat dari thesis ini penulis melakukan
deskripsi intensif dan analisis fenomena tertentu atau satuan sosial seperti
individu, kelompok, institusi, atau masyarakat dan merupakan penyelidikan
secara rinci atau setting, subjek tunggal, satu kumpulan dokumen atau suatu
kejadian tertentu yang berkaitan dengan tema dari thesis yang diambil penulis.
Penelitian thesis
ini memberikan kesimpulan bahwa aktualisasi nilai kemandirian dalam membentuk
pribadi unggul siswa kelas XIIA jurusan jasa boga di SMKN 1 Sawoo
meliputi strategi partisipasi, strategi keterbukaan, strategi kebebasan.
Sedangkan bentuk dari nilai kemandirian meliputi kemandirian emosi, kemandirian
ekonomi, kemandirian intelektual, dan kemandirian sosial.
Hasil Review:
Dalam thesis ini tidak didefinisikan secara
spesifik mengenai pendekatan yang digunakan dalam penelitian, penulis hanya
memaparkan teori yang menjadi acuan dalam penulisn thesis. Seperti yang
disebutkan dalam thesis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis
studi kasus. Namun, dalam aplikasinya teori ini tidak dipaparkan secara rinci.
Sehingga masih menimbulkan pertanyaan bagi pembaca, bagaimana sebenarnya ‘cara
kerja’ dari teori tersebut.
Selain itu, dalam
thesis ini tidak disebutkan dalam pengambilan sampel (sampling) yang
digunakan dalam penelitian. Sampling merupakan salah satu langkah yang
penting dalam penelitian, sampling juga menentukan validitas dari suatu
hasil penelitian, dalam arti menentukan seberapa besar atau sejauh mana
keberlakuan generalisasi hasil penelitian tersebut.
Keberadaan sampling
dalam thesis sangat diperlukan untuk mengeneralisasi hasil suatu
penelitian. Berkaitan dengan aktualisasi nilai kemandirian serta berdasar pada kesimpulan
dari hasil penelitian ini, apakah bisa meratakan pernyataan bahwa dalam
aktualisasi nilai kemandrian dalam membentuk nilai pribadi unggul siswa dalam
jangka waktu selama 3 tahun. Namun, dalam realisasi pelaksanannya kemandirian
siswa berbeda-beda.
Terkait dengan
masalah variabel, dalam metode penelitian dikenal dengan istilah variabel bebas
(independent variable) dan variabel tergantung (dependent variable).
Kedua variabel tersebut saling memberi pengaruh satu sama lain. Sedangkan dalam
thesis ini tidak dijelaskan bagian mana yang termasuk kategori variabel bebas
dan variabel tergantung. Karena dengan adanya kategoriasi akan memperjelas
faktor apa yang menjadi pokok permasalahan yang ingin diteliti, kemudian apa
yang pengaruh dari faktor utama tersebut terhadap faktor yang lain, akan
tergambar jelas yang mempengaruhi antara faktor yang mempengarhi dengan faktor
yang dipengaruhi.
Selain itu,
terdapat beberapa hal teknis yang menjadi kekurangan dalam thesis ini terkait
dengan kualitas penulisan. Di antaranya yaitu, ketidak sesuaian antara
nomor-nomor halaman pada daftar isi dengan nomor dalam isi thesis itu sendiri.
Selain itu juga terdapat dalam ejaan kata yang terbalik dalam penulisan sebagai
contoh kata “dlaam” yang seharusnya “dalam”. Kemudian dalam abstrak juga tidak
disebutkan kata kunci (key note). Dengan demikian peneliti diharapkan
lebih jeli dalam melaksanakan penelitian baik dalam proses penelitian ataupun
dalam proses pengetikan atau pembukuan. Sehingga, kesalahan-kesalahan yang
mungkin terjadi akan sedikit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar