RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah : MTs
Mata Pelajaran : Aqidah akhlak
Kelas / Semester : VIII/ I
Materi Pokok : Adab terhadap orang tua dan guru
Alokasi Waktu : 3 x 3 jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti:
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. KD
|
Kompetensi dasar
|
No. Indikator
|
Indikator
|
1.4
|
Menghayati adab yang baik kepada orang tua dan guru.
| ||
2.4
|
Terbiasa beradab yang baik kepada kepada orang tua dan guru
| ||
3.4
|
Memahami adab kepada orang tua dan guru
|
3.4.1
|
Menjelaskan pengertian adab kepada orang tua dan guru
|
3.4.2
|
Mengidentifikasi dalil tentang adab kepada orang tua dan guru
| ||
3.4.3
|
Menyebutkan macam-macam adab kepada orang tua dan guru
| ||
3.4.4
|
Menyebutkan hikmah menerapkan adab kepada orang tua dan guru
| ||
4.4
|
Mensimulasikan adab kepada orang tua dan guru
|
4.4.1
|
Mensimulasikan secara berkelompok di depan kelas adab kepada orang tua dan guru
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah berdiskusi melalui group resume dan membaca out line yang diberikan guru, peserta didik dapat:
a. Menjelaskan pengertian adab kepada orang tua dan guru
b. Mengidentifikasi dalil tentang adab kepada orang tua dan guru
2. Setelah berdiskusi melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif/ Kelompok dan membaca out line yang diberikan guru, peserta didik dapat:
a. Menyebutkan macam-macam adab kepada orang tua dan guru
b. Menyebutkan hikmah menerapkan adab kepada orang tua dan guru
3. Setelah mengikuti pembelajaran adab terhadap orang tua dan gurudengan demonstrasi, peserta didik dapat:
a. Mensimulasikan secara berkelompok di depan kelas adab kepada orang tua dan guru
D. Materi Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
Pengertian Adab Kepada Orang Tua
Adab menurut bahasa ialah norma/aturan. Menurut istilah adab ialah norma atau atauran mengenai sopan santun yang di dasarkan atas aturan agama, terutama agama islam. Sedangkan orang tua adalah orang yang lebih tua dari kita, yang telah merawat,mendidik dan membesarkan kita, semenjak dalam kandungan sampai kita dewasa yang biasa disebut ayah dan ibu. Jadi adab kepada orang tua adalah norma atau aturan mengenai sopan santun yang didasarkan atas aturan agama terutama agama islam terhadap orang yang sudah membesarkan kita, merawat serta mendidik kita yaitu terutama ayah dan ibu.
Dalil tentang adab kepada orang tua dan guru
Seorang anak dilarang membentak, memarahi atau bersuara keras terhadap kedua orang tua. Lebih bertambah umur kedua orang tua, hendaknya lebih diperhatikan oleh anak – anaknya. Kedua hal diatas sesuai dengan Firman Allah dalam Qs. Al – Isra : 23 “Dan tuhanmu telah mewajibkan supaya kamu jangan menyembah selain dari pada – Nya dan berbuat baiklah kamu kepada kedua ibu bapak .Apabila mereka atau salah seorang dari mereka telah tua, janganlah kamu berkata kepada keduanya dengan perkataan “ ah “ dan jangalah engkau gertak mereka tetapi ucapkanlah kepada mereka dengan kata – kata yang sopan lagi lembut”
Guru adalah orang tua kedua, yaitu orang yang mendidik murid-muridnya untuk menjadi lebih baik sebagaimana yang diridhoi Alloh ‘azza wa jalla. Sebagaimana wajib hukumnya mematuhi kedua orang tua, maka wajib pula mematuhi perintah para guru selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan syari’at agama.
Di antara akhlaq kepada guru adalah memuliakan, tidak menghina atau mencaci-maki guru, sebagaimana sabda Rosululloh saw :
لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يُوَقِّرْ كَبِيرَنَا وَ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا
“Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak memuliakan orang yang lebih tua dan tidak menyayangi orang yang lebih muda.” ( HSR. Ahmad dan At-Tirmidzi )
2. Pertemuan ke dua
Macam-macam Adab kepada Orang Tua dan guru
a. Patuh terhadap perintah orang tua dan guru
Hendaklah kita selalu tunduk dan patuh kepada kedua oramg tua dalam segala hal yang baik-baik.”Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada Ku dan kedua orang tua ibu bapakmu, hanya kepada Kulah kamu kembali. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik…….”(QS. Luqman [31] : 14 - 15)
b. Tidak Berkata Kasar Kepada Orang Tua dan guru
Kita dilarang berkata kasar, membentak misalnya berkata hus / ah dan kata kata sejenisnya, yang termasuk ungkapan yang tidak baik. Karena Allah berfirman.”Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan agar kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya, jika salah seorang diantara kedduanya sampai berusia lanjut atau keddua-keduanya sampai berusia lanjut daam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan”ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra [17] : 23)Merawat Orang Tua Ketika Usianya Sudah Lanjut. Allah Berfirman: “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah”wahai Tuhanku kasihanilah mereka keduanya, sebagaimana (kasih mereka) mendidikku waktu kecil.” (QS. Al- Isra [17] : 240)
c. Berusaha Menyenangkan Hati Orang Tua dan guru
Nabi bersabda: “Dari „Abdullah bin „Amr bin „Ash radhiyallaahu „anhuma, bahwa Rasulullah shallallaahu „alaihi wa sallam bersabda: “Ridha Allah bergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah bergantung kepada kemurkaan orang tua”
d. Selalu Mendoakan Orang Tua dan guru
Contohnya:”Ya Allah Tuhanku, ampunilah segala dosaku, dan dosa kedua orang tuaku, kasihanilah dan sayangilah mereka sebagaimana (mereka) mendidik/merawatku di waktu kecil.
Hikmah berbakti kepada orang tua dan guru
Hikmah berbakti kepada orang tua dan guru adalah sebagai berikut.
a. Merupakan amal yang paling utama
b. Apabila orang tua dan guru ridha, maka Allah pun ridha, atas amal yang kita perbuat
c. Dapat menghilangkan kesulitan yang sedang dialami, yaitu dengan bertawasul dengan amal shaleh tersebut.
d. Diluaskan rezeki dan panjang umur.
e. Dimasukkan kedalam surga oleh Allah swt.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode/Strategi : Diskusi, group resume, Pembelajaran Kooperatif, demonstrasi
3. Teknik : Permodelan
F. Media, Alat Dan Sumber Belajar
1. Media
a. Video tentang cermin anak yang berbakti kepada orang tua dn guru
2. Alat
a. Laptop
b. LCD Projector
c. Kertas plano
d. Bolpoin
e. Slotip
3. Sumber Belajar
a. Buku siswa, Aqidak akhlak madrasah tsanawiyah kelas VIII kurikulum 2013
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
Pendahuluan (20 menit)
|
a. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
b. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
d. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
|
Kegiatan inti (90 menit)
|
1. Mengamati
a. Peserta didik melihat dan membaca out line yang diberikan oleh guru tentang pengertian adab terhadap orang tua dan guru
2. Menanya
a. Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum jelas dari out line yang diberikan terkait dengan materi pengertian addab terhadapp orang tua dan guru
3. Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
a. Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok dengan cara berhitung dari angka 1 sampai 4
b. Masing-masing kelompok diberi kertas plano, spidol dan selotip sebagai bahan dan alat untuk meresum materi.
c. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi dan membuat resumanterkait dengan pengertian adab terhadap orang tua dan guru serta dalil yang menjelaskan adab terhadap orang tua dan guru untuk kelompok 1 meresum pengertian adab terhadap orang tua, kelompok 2 pengertian adab terhadap guru, kelompok 3 dalil dari al-qur’an tentang adab terhadap orang tua dan guru dan kelompok 4 dalil dari hadis tentang adab terhadap orang tua dan guru Peserta didik menulis hasil diskusinya di kertas yang sudah dibagikan.
4. Mengasosiasi/menalar
a. Masing-masing kelompok membuat analisis tentang adab kepada orang tua dan guru
b. Masing-masing kelompok merumuskan manfaat adab kepada orang tua dan guru.
5. Mengkomunikasi
a. Masing-masing perwakilan kelompok menempel hasil resumenya di papan tulis.
b. Masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil resumenya di depan kelas secara bergantian.
c. Kelompok lain menanggapi hasil resume yang sudah dipresentasikan oleh kelompok yang presentasi.
|
Penutup (10 menit)
|
a. Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
b. Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
d. Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
|
2. Pertemuan kedua
Pendahuluan (20 menit)
|
e. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
f. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
g. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
h. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
|
Kegiatan inti (90 menit)
|
1. Mengamati
a. Video tentang cermin anak yang berbakti kepada orang tua dan guru
b. Peserta didik melihat dan membaca out line yang diberikan oleh guru tentang macam-macam adab kepada orang tua dan guru dan hikmah menerapkan adab kepada orang tua dan guru
2. Menanya
a. Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan mengenai hikmah yang terdapat dalam vidio yang telah ditampilkan dan hal-hal yang belum jelas dari out line yang diberikan terkait dengan materi macam-macam adab kepada orang tua dan guru dan hikmah menerapkan adab kepada orang tua dan guru
3. Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
a. Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok dengan cara berhitung dari angka 1 sampai 4
b. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi dan membuat resuman, serta setiap kelompok dituntut untuk dapat menemukan pemecahan masalah dari masalah yang dihadapi dengan cara berdiskusi.
4. Mengasosiasi/menalar
c. Masing-masing kelompok membuat analisis tentang macam-macm adab kepada orang tua dan guru
d. Masing-masing kelompok merumuskan hikmah adab kepada orang tua dan guru.
5. Mengkomunikasi
d. Masing-masing perwakilan kelompok menempel hasil resumenya di papan tulis.
e. Masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil resumenya di depan kelas secara bergantian.
f. Kelompok lain menanggapi hasil resume yang sudah dipresentasikan oleh kelompok yang presentasi.
|
Penutup (10 menit)
|
e. Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
f. Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
g. Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
h. Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
|
H. Penilaian
1. Sikap
a. Tehnik penilaian : non tes
b. Bentuk penilaian : skala penilaian
c. Instrumen penilaian : lembar penilaian sikap
Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Maks.
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
| ||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
| ||||
Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT : Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian
a. Kejelasan dan kedalaman informasi.
1. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
2. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
3. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
b. Keaktifan dalam diskusi.
1. Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi skor 30.
2. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi skor 20.
3. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi skor 10.
c. Kejelasan dan kerapian presentasi.
1. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
2. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
3. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
4. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.
2. Pengetahuan
a. Tehnik penilaian : tes
b. Bentuk penilaian : tes tulis
c. Instrumen penilaian : soal uraian dan pilihan ganda
I. Pilihan ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!
1. Adab menurut bahasa adalah...
a. Norma
b. Damai
c. Jahat
d. Teladan
2. Larangan anak terhadap orang tua adalah...
a. Menyayangi
b. Mengasihi
c. Membentak
d. Takdim
3. Orang tua setelah orang tua kandung kita adalah...
a. Kakek
b. Guru
c. Paman
d. Nenek
4. Contoh akhlak terhadap guru ialah...
a. Tidak mengerjakan PR
b. Selalu telat datang
c. Memulikan
d. Menghina
5. Q.S al isro 23 menjelaskan...
a. Dilarang berkata ah
b. Diperintah berkata ah jika perintah orang tua dilarang syariat
c. Perintaah takdiim
d. Perintah menjahui berkata kotor
II. Uraian
1. Sebutkan hikmah beradab kepada orang tua dan guru?
2. Tuliskan terjemah ayat dibawah ini
لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يُوَقِّرْ كَبِيرَنَا وَ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا
3. Tuliskan do’a kepada orang tua?
4. Sebutkan akhlak terhadap guru?
5. Sebutkan hukum mematuh kedua orang tua
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan ganda
1.A
2.C
3.B
4.C
5.A
III. Uraian
1. Hikmah kepada orang tua
· Merupakan amal yang paling utama
· Apabila orang tua dan guru ridha, maka Allah pun ridha, atas amal yang kita perbuat
· Dapat menghilangkan kesulitan yang sedang dialami, yaitu dengan bertawasul dengan amal shaleh tersebut.
· Diluaskan rezeki dan panjang umur.
· Dimasukkan kedalam surga oleh Allah swt.
2. “Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak memuliakan orang yang lebih tua dan tidak menyayangi orang yang lebih muda.” ( HSR. Ahmad dan At-Tirmidzi )
3. :”Ya Allah Tuhanku, ampunilah segala dosaku, dan dosa kedua orang tuaku, kasihanilah dan sayangilah mereka sebagaimana (mereka) mendidik/merawatku di waktu kecil.
4. Di antara akhlaq kepada guru adalah memuliakan, tidak menghina atau mencaci-maki guru
5. Wajib
Skor penilaian sebagai berikut.
1. Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 2 (5x2 = 10)
2. Uraian:
Rubrik Penilaian:
No
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan hikmah kepada orang tua dan guru lengkap dan sempurna, skor 30.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang hikmah terhadap orang tua dan guru lengkap, skor 20.
c. Jika peserta didik dapat menuliskan tetapi tidak lengkap, skor 10.
|
30
|
2
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan terjemah denga tepat, skor 15.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan akan tetapi tidak tepat skor 5
|
15
|
3
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan doa sesuai dengan materi skor 15
b. Jika peserta didik dapat menuliskan tetapi tidak lengkap skor 10
|
15
|
4
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan 2 akhlak terhadap guru skor 30
b. Jika peserta didik dapat menuliskan 1 akhlak terhadap orang guru skor 15
|
30
|
5
|
a. Jika peserta didik dapat menyebutkan nilai 10.
b. Jika tidak dapat menyebutkan nialai 1
|
10
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar