Kamis, 03 November 2016

Pengertian isim jamid dan pembagiannya dan isim musytaq dan contohnya.

BAB I
PENDAHUUAN
A.    LATAR BELAKANG
Bahasa Arab merupakan bahasa Al Qur’an dan Hadist Nabi, maka untuk mengkaji keduanya itu dibutuhkan seperangkat alat atau sarana agar tidak salah dalam membaca dan memahami teks Arab yang belum ada kharokatnya serta untuk mengetahui perubahan-perubahan kata terutama pada Hadist Nabi, sebab apabila salah dan keliru dalam pembacaan teks akan mengakibatkan salah dan keliru dalam pemaknaan. Untuk menghindari itu, sarananya adalah ilmu Nahwu dan Shorof, keduanya merupakan keutuhan yang tidak boleh diabaikan.
Dalam makalah ini kami akan membahas tentang isim-isim yang bisa ditasrif maupun yang tidak dapat ditasrif serta pembagiannya.
B.     RUMUSAN MASAAH
1.      Pengertian isim jamid dan pembagiannya.
2.      Pengertian isim musytaq dan contohnya.
C.     TUJUAN PEMBAHASAN
1.      Mengetahui pengertian isim jamid dan pembagiannya.
2.      Mengetahui pengertian isim musytaq dan contohnya.


BAB II
PEMBAHASAN
الإسم الجامد والمستاق
الإسم الجامد هو ما لم يؤخذ من غيره.
Isim jamid adalah isim yang tidak diambil dari lafadz selainnya.
Isim jamid ada dua macam:
١. اسم ذات. (اسم جنس) هو ما لا يؤخذ من لفظه فعل بمعناه.
Isim dhat adalah isim yang tidak di ambil dai lafad maknanya.
مثل: رجل- غصن- نهر.     
٠٢المصدر (اسم المعنى) . هو ما دل على معنى مجرد من ازمان[1]
Mashdar adalah isim yang menunjukkan makna sepi dari beberapa zaman.
   مثل : عدل – اجتماع – إكرام.[2]
والإسم المشتق هو ما كان مأخوذا من الفعل.
Isim mustaq adalah yang di ambil dari fi’il.
 والأسماء المستقة عشرة انواع:[3]
 ١. اسم الفاعل: ضارب- ناصر- فاتح
Isim fa’il adalah orang yang melakukan suatu pekerjaan.
٢. اسم المفعول: مضروب- منصور- مفتوح
Isim maf’ul adalah orang yang dikenai pekerjaan.
٣. المصدر الميمي[4]: مضرب- منصر- مفتح
Isim masdar mim adalah isim masdar yang didahukui oleh mim.
٤. الصفة المشبهة:
Sifat musyabihat adalah sifat yang dibentuk dari masdar tsulasi lazim, sebagai penunnjukan suatu makna yang menetap sebagai mausuf secara tetap. Seperti lafadzالصبي فطنٌ  lafadz فطن adalah sifat musyabihat yang diambil dari mashdar fiil tsulasi lazim فطِنَ sebagai penunjukkan makna kecerdasan yang menempati pada maushuf  secara tetap sepanjang waktu bukan sekali-kali.

(isim fail yang berfungsi menguatkan sebuah makna) :٥. مبالغة اسم الفاعل
sighot mubalagoh mengikuti beberapa wazan:
فعيل  contoh عزيز
فعّال contoh غفّار
فعول contoh غفور
فعل contoh فرح
٦. اسم التفضيل
(bentuk kalimat isim yang mengikuti wazan af’ala yang mnunjukan makna lebih atau paling)
Contoh: أحسن ،أفضل ،أكبر ،أجمل
 ٧.اسم الزمان:      
Isim zaman adalah isim yang menunjukkan waktu pekerjaan dilakukan, , yang berarti tempat memukul.مضرب  contoh:
 ٨.اسم المكان:
Isim makan adalah isim yang menunjukkan dimana tempat pekerjaan dilakukan. Contoh: مضرب yang berarti tempat memukul.
 ٩.اسم الألة:
Isim alat adalah isim yang menunjukkan alat yang digunakan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Contoh: مِضرب[5] yang berarti alat untuk memukul.
   ٠اسم المصدر غير الثلاثي المجرد   
Isim mashdar selain dari tsulasi mujarod, contoh: إكرما، إفعلا ، تفاعلا
            
















BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
٠١ لإسم الجامد هو ما لم يؤخذ من غيره
٠٢ والإسم الجامد نوعان: اسم ذات. (اسم جنس)
                         : المصدر (اسم المعنى)
٠٣ الإسم المشتق هو ما كان مأخوذا من الفعل.







                              DAFTAR PUSTAKA
Munjiyah, Ma’rifatu. 2013. ‘Ilmu shorof. Malang: UIN Maiki press.           Nikmah, Fuad. Qowaidul lughah al arabiyah. Bairut: Darutsaqafah al islamiyah.
Alghalaiyani, Musthafa. 1971. Jami’ adduruuss al ‘arabiyah. Bairut: DKI.
Ali, Muhammad Ma’sum Bin. 1965. Amtsilah attashrifiyah. Jombang: Maktabah syaikh saim ibnu sa’in nabhan.





                                    





[1] Nikmah, Fuad. Qowaidul lughah al arabiyah.9 Bairut: Darutsaqafah al islamiyah), hlm. 30.
[2] Muhammad Ma’sum bin Ali. Amtsilah attashrifiyah.( Jombang: Maktabah syaikh saim ibnu       sa’in nabhan,1965), hlm. 18.
[3] Munjiyah, Ma’rifatu.( ‘Ilmu shorof. Malang: UIN Maiki press,2013), hlm. 183.         
[4] Munjiyah, Ma’rifatu.( ‘Ilmu shorof. Malang: UIN Maiki press,2013), hlm. 185.         
[5] Muhammad Ma’sum bin Ali. Amtsilah attashrifiyah.( Jombang: Maktabah syaikh saim ibnu       sa’in nabhan,1965), hlm. 4.

Tidak ada komentar: