BAB I
PENDAHUUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Bahasa Arab merupakan bahasa Al Qur’an dan Hadist Nabi, maka untuk
mengkaji keduanya itu dibutuhkan seperangkat alat atau sarana agar tidak salah
dalam membaca dan memahami teks Arab yang belum ada kharokatnya serta untuk mengetahui
perubahan-perubahan kata terutama pada Hadist Nabi, sebab apabila salah dan
keliru dalam pembacaan teks akan mengakibatkan salah dan keliru dalam
pemaknaan. Untuk menghindari itu, sarananya adalah ilmu Nahwu dan Shorof,
keduanya merupakan keutuhan yang tidak boleh diabaikan.
Dalam makalah ini kami akan membahas tentang isim-isim yang bisa
ditasrif maupun yang tidak dapat ditasrif serta pembagiannya.
B.
RUMUSAN
MASAAH
1.
Pengertian
isim jamid dan pembagiannya.
2.
Pengertian
isim musytaq dan contohnya.
C.
TUJUAN
PEMBAHASAN
1.
Mengetahui
pengertian isim jamid dan pembagiannya.
2.
Mengetahui
pengertian isim musytaq dan contohnya.
BAB II
PEMBAHASAN
الإسم
الجامد والمستاق
الإسم
الجامد هو ما لم يؤخذ من غيره.
Isim
jamid adalah isim yang tidak diambil dari lafadz selainnya.
Isim
jamid ada dua macam:
١.
اسم ذات. (اسم جنس) هو ما لا يؤخذ من لفظه فعل بمعناه.
Isim
dhat adalah isim yang tidak di ambil dai lafad maknanya.
مثل: رجل- غصن- نهر.
Mashdar adalah isim
yang menunjukkan makna sepi dari beberapa zaman.
والإسم
المشتق هو ما كان مأخوذا من الفعل.
Isim
mustaq adalah yang di ambil dari fi’il.
والأسماء المستقة عشرة انواع:[3]
١. اسم الفاعل: ضارب- ناصر- فاتح
Isim
fa’il adalah orang yang melakukan suatu pekerjaan.
٢.
اسم المفعول: مضروب- منصور- مفتوح
Isim maf’ul adalah
orang yang dikenai pekerjaan.
Isim masdar mim
adalah isim masdar yang didahukui oleh mim.
٤.
الصفة المشبهة:
Sifat musyabihat
adalah sifat yang dibentuk dari masdar tsulasi lazim, sebagai penunnjukan suatu
makna yang menetap sebagai mausuf secara tetap. Seperti
lafadz “الصبي فطنٌ” lafadz فطن adalah sifat musyabihat yang diambil dari mashdar fiil tsulasi
lazim فطِنَ
sebagai penunjukkan makna kecerdasan yang menempati pada maushuf secara tetap sepanjang waktu bukan
sekali-kali.
(isim fail yang berfungsi menguatkan sebuah makna)
:٥. مبالغة
اسم الفاعل
sighot mubalagoh
mengikuti beberapa wazan:
فعيل
contoh
عزيز
فعّال contoh غفّار
فعول contoh غفور
فعل contoh فرح
٦.
اسم التفضيل
(bentuk kalimat isim yang mengikuti wazan af’ala yang mnunjukan
makna lebih atau paling)
Contoh:
أحسن ،أفضل ،أكبر ،أجمل
٧.اسم الزمان:
Isim zaman adalah isim yang menunjukkan waktu pekerjaan dilakukan,
, yang berarti tempat memukul.مضرب contoh:
٨.اسم المكان:
Isim
makan adalah isim yang menunjukkan dimana tempat pekerjaan dilakukan. Contoh: مضرب yang
berarti tempat memukul.
٩.اسم الألة:
Isim
alat adalah isim yang menunjukkan alat yang digunakan untuk melakukan sebuah
pekerjaan. Contoh: مِضرب[5] yang berarti alat untuk memukul.
٠اسم المصدر غير الثلاثي المجرد
Isim mashdar selain dari tsulasi mujarod, contoh: إكرما،
إفعلا ، تفاعلا
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
٠١ لإسم
الجامد هو ما لم يؤخذ من غيره
٠٢ والإسم الجامد نوعان:
اسم ذات. (اسم جنس)
: المصدر (اسم المعنى)
٠٣ الإسم
المشتق هو ما كان مأخوذا من الفعل.
DAFTAR PUSTAKA
Munjiyah,
Ma’rifatu. 2013. ‘Ilmu shorof. Malang: UIN Maiki press. Nikmah, Fuad. Qowaidul lughah al
arabiyah. Bairut: Darutsaqafah al islamiyah.
Alghalaiyani, Musthafa. 1971. Jami’ adduruuss al ‘arabiyah. Bairut:
DKI.
Ali, Muhammad Ma’sum Bin. 1965. Amtsilah attashrifiyah.
Jombang: Maktabah syaikh saim ibnu sa’in nabhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar