Senin, 09 Oktober 2017

من يوميّات الطّلاب و الطّالبات

من يوميّات الطّلاب و الطّالبات
نحن الطّلاّب والطّالبات في الجامعة الاسلامية فونوروغو. استيقظ من النّوم في السّاعة الرّابعة والرّبع صباحا. أتوضأ ثمّ أصلّى الصّبح في المسجد جماعة. وبعد الصّلاة اقرأ القرأن في الغرفة المذاكرة أو أذاكر بعض الدّروسي. أذهب إلى الحمّام وأنظّف الاسنان بالفرشة واستحمّ, ثمّ أرتدي ملابس المدرسة. أذهب إلى الجامعة بعد تناول الفطور.
وفي الجامعة, أقضي الايّام الدّراسيّة في جدّ ونشاط. ثمّ أرجع إلى البيت بعد الصّلاة الظّهر في مُصلّى الجامعة.
في البيت. بعد تناول الغداء في غرفة الأكل. استريح قليلا ثمّ أصلّي العصر أذاكر بعض الدّروسي أو أتحدّث مع أفراد أسرتي. أصلّي المغرب و العشاء جماعة في المسجد القريب من البيتي. وبعد ذالك أذاكر بعض دروسي وأعمل الواجبات المنزليّة. واحيانا أشاهد التلفزيون قليلا وأستمع الى الأخبار. ثمّ أنام مبكّرا لأستيقظ من النوم مبكّرا.
وأصدقائي من الطّلاّب, هم يصلّون الصّبح أيضا في جماعة. وبعد الصّلاة يقرأون القرأن, أو يذاكرون دروسهم, ثمّ يذهب إلى الجامعة. هم يقضون أوقاتهم في البيت وفي الجامعة في جدّ ونشاط.



Keseharian Para Siswa Siswi
Kita adalah siswa siswi di perguruan tinggi ponorogo. Bangun tidur pada pukul 04:45 pagi. Kemudan mengambil air wudhu lalu mengerjakan solat subuh brjamaah di masjid. Dan setelah shlat subuh membaca Al-quran di kamar belajar atau mengingat-ingat sebagian pelajaran dan setelah itu pergi kekamar mandi untuk membersihkan dan menggosok-gosok dengan sikat kemudian mandi dengan air hangat , kemudian memakai pakaian. Kemudian pergi ke kampus bersama-sama setelah makan pagi.
Di kampus melaksanakan hari-hari dengan beberapa pelajaran, dengan penuh semangat dan rajin. Kemudian pulang kerumah setelah solat duhur berjamaah di musolla kampus.
Di rumah, setelah makan siang di ruang makan. Istirahat sebentar kemudian solat ashar dan setelah itu mengingat-ingat sebagian pelajaran atau berbincang-bincang bersama keluarga, kemudin solat maghrib dan isya’ berjamaah di musolla dekat rumah. Dan setelah itu mengingat-ingat sebagian pelajaran dan perkra-perkara yang di wajibkan dirumah. Dan setelah itu menghidupkan TV untuk melihat sebentar dan mendengarkan berita. Kemudian tidur pagi-pagi untuk bngun pagi-pagi.
Dan teman-taman saya, mereka sholat subuh berjamaah. Dan setelah sholat subuh membava Al-quran, atau mengingat-ingat pelajaran mereka. Kemudian pergi ke kampus. Mereka menjalankan waktu mereka di rumah dan di kampus dengan penuh semangat dan sangat rajin                 



Tidak ada komentar: