Rabu, 25 Oktober 2017

penelitian kuantitatif korelatif



I.     JUDUL PENELITIAN
KORELASI PRESTASI PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SISWA KELAS V MI PAGER KIDUL 1

II.      LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan adalah sebuah proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dengan demikian akan menimbulkan sebuah perubahan dalam dirinya yang memungkinkanya berfungsi secara kuat dalam kehidupan masyarakat. [1]
Pendidikan islam dimana didalamnya meliputi pendidikan aqidah akhlak merupakan salah satu sistem dari sistem pendidikan nasional adalah salah satu materi yang harus dimuat dalam isi kurikulum di setiap jenis jalur dan jenjang pendidikan.[2]
Hal ini disebutkan dalam Bab II pasal 3 Undang-undang no 2 tahun 23 yang berbunyi:
”Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang berdemokratis serta bertanggung  jawab”. [3]
Lebih jauh lagi dalam bab x  pasal 36 ayat 3 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2003 yang membicarakan tentang tentang kurikulum mengatakan ”Kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Negara Republik Indonesia antara lain dengan memperhatikan eningkatan iman dan taqwa, peningkatan aqlak mulia dan agama[4].
Dari pernyataan diatas, dapat diketahui bahwa pendidikan akhlak di tempatkan pada urutan pertama, sehingga tepatlah kalau kita berharap agar pendidikan aqidah akhlak dapat perhatian serius dari semua pihak.
Dijaman kemajuan tekhnologi yang semakin canggih dan arus informasi yang semakin cepat dan terbuka, tidak jarang membawa nilai-nilai yang bertentangan dengan ajaran agama islam. Dengan demikian tidaklah heran bila sekarang ini banyak terjadi kemerosotan moral terutama dikalangan pemuda dan remaja. Hal ini bukan hanya terjadi dikota besar saja melainkan sudah merabah dikota kecil, termasuk Pacitan.
Hal semacam itu kita ketahuimelalui media elektronik dan media cetak. Belakangan ini kita banyak mendengar keluhan dari orang tua pendidik, orang yang berkecimpung dalam bidang anak terutama remaja, banyak dari mereka yang sukar dikendalikan, nakal, berbuat keonaran, dan hal yang menggangu ketentraman umum sehingga akan mengakibatkan hak orang lain terancam di tengah masyarakat. Dengan demiukian MI pager kidul 1 lembaga pendidikan islam yang terletak ada desa Pager kidul merasa perihatin dan ikut bertanggung jawab dalam mengatasi masalah sosial tersebut, karena madrasah sebagai lembaga pendidikan merupakan faktor penting dalam memberikan pengaruh terhadap pembentukan akhlak anak.
Mengingat pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari siswa Mi Pager kidul 1 dengan adanya pelajaran akidah akhlak, nantinya dapat memilih akhlak yang baik, sebab tanpa mengindahkan akhlak yang baik kehidupan manusia akan binasah.[5]  
Sedangkan perilaku siswa adalah perkembangan yang berkaitan dengan tingkah laku seseorang dan konvensi mengenai apa yang seharusnya di lakukan oleh manusia dalam interaksinya dengan orang lain. [6]
Berdasarkan paparan serta pernyataan di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Terjadikah Korelasi Pelajaran Aqidah Akhlak dengan Perilaku Siswa MI Pager Kidul 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2016-2017 

III.   RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penulis akan memberikan batasan mengenai rumusan masalah sebagai berikut.
1.      Apakah ada korelasi prestasi pelajaran aqidah akhlak dengan tingkah laku siswa MI Pager Kidul 1 tahun pelajaran 2016-2017?
 
IV.    TUJUAN
Agar penelitian ini tidak menyimpang dari permasalahan maka penulis perlu merumuskan tujuan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah:
1.      Mengetahui apakah ada hubungan antara preestasi belajar siswa siswa MI Pager Kidul 1 tahun pelajaran 2016-2017.

V.  MANFAAT
Hasil penelitian ini mempunyai beberapa kegunaan, antara lain ialah:
1.      Manfaat teoritis
2.      Manfaat praktis
a.       Bagi sekolah
       Penelitian ini diharapkan dapat menjadikan sumbangan pemikiran dan masukan bagi sekolah tentag pengaruh pembelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa.
b.      Bagi Guru
       Hasil penelitian ini diharapkan mampu membantu guru dalam memberikan informasi tentang tata cara berperilaku.
c.       Bagi peneliti
       Menambah dan mengembangkan wawasan pengetahuan tentang serta pengalaman peneliti dalam melihat suatu permasalahan dengan baik.
d.      Bagi perpustakaan STAIN Ponorogo
       Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bahan bacaan dan ilmu pengetahuan maupun sumber belajar bagi mahasiswa.

VI.    VARIABEL DAN INDIKATOR
Untuk mengumpulkan data digunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
1.      Observasi untuk mengetahui perilaku siswa.
2.      Wawancara untuk mengetahui hubungan prestasi belajar aqidah akhlak dengan perilaku siswa kelas V MI Pager kidul Pacitan.  
3.      Dokumentasi untuk memperoleh data-data meliputi perilaku siswa dengan aktifitas yang terkait.
4.      Angket untuk mengetahui tingkat perkembangan.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability samlpling dengan jumlah sampel 3% dari seluruh populas. Jumlah seluruh siswa di MI Pager kidul 1 Pacitan adalah 113 siswa yang terbagi dalam 6 kelas, jumlah 70 siswa yang dibagi ke 6 kelas tersebut.


























Variabel dan indikator yang dipakai oleh peneliti adalah sebagai berikut:
Judul
Variabel
Indikator
Korelasi prestasi belajar aqidah akhlak dengan perilaku siswa kelas v MI Pager Kidul 1 Pacitan
Variabel independen
prestasi belajar
aqidah akhlak

1.    Pembelajaran yang di berikan guru kepada siswa
2.    Bentuk prestasi belajar aqidah akhlak
3.    Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar aqidah aqlak

Variabel dependen:
Perilaku siswa kelas v
1.      Nilai pelajaran aqidah akhlak
2.      Perilaku siswa disekolah
3.      Nilai rapot

















VII. INSTRUMEN PENILAIAN

Instrumen Wawancara
Narasumber :.................................
Temat          :................................
Waktu          :................................
1.      Bagaimana prestasi pelajaran aqidah akhlak kelas V di MI Pager Kidul 1 Pacitan?
2.      Bagaimana perilaku siswa kelas V MI Pager Kidul 1 Pacitan setelah mengikuti pembelajaran aqidah akhlak?
3.      Apa saja yang mempengaruhi perilaku siswa MI Pager Kidul 1 Pacitan?
4.      Adakah hubungan prestasi pelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa kelas V di MI Pager Kidul 1 Pacitan?












                                                Angket Perilaku Siswa
Nama siswa                :.............................................................
Nomor absensi           :............................................................
Jenis kelamin             :............................................................
Petunjuk pengisian
1.      mulailah dengan membaca basmalah dan di akhiri dengan hamdalah.
2.      Isilah sesuai dengan pendapatmu, jawaban yang kamu isi tidak mempengaruhi nilaimu.
3.      Jawablah semua pertanyaan yang sudah di sediakan.
4.      Berilah tanda  X pada kolom dengan ketentuan:
a.       1 tidak pernah melakukan.
b.      2 tidak sama sekali.
c.       3 pernah melakukan
5.      Tanyakan jika ada hal yang kurang jelas.
6.      Terimakasih sudah mengisi angket ini dengan baik dan jujur.

Pertanyaan
Interval Nilai
1
2
1.   Saya menyukai pelajaran aqidah akhlak


2.   Saya selalu berperilaku baik.


3.   Saya sopan terhadap ibu bapak guru di sekolah.





















VIII.        POUPULASI DAN SAMPEL
            Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek atau subyek yang menjadi kuantitas dan karakteristik tertentu berkaitan dengan masalah penelitian yang ditetapkan oleh peneliti untuk di pelajari kemudian ditarik kesimpulannya.[7]
Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang yang dimiliki oleh populasi.[8]
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 MI Pager kidul 1 Pacitan yang terdiri dari 18 siswa. Dan dalam penelitian ini         Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability samlpling dengan jumlah samepel 3% dari seluruh populas. Jumlah seluruh siswa di MI Pager kidul 1 Pacitan adalah 113 siswa yang terbagi dalam 6 kelas, jumlah 70 siswa yang dibagi ke 6 kelas tersebut.
           


DAFTAR PUSTAKA
Abudin Nata. Pembelajaran Aqidah Akhlak, (Jakarta:Bumi Aksara,2006)

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, (Bandung:. PT.Remaja Rosda karya,2009)
Malik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, (Jakarta:Bumi Aksara,2006)
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian, (Bandung:Alfabeta,2012)

Sastrapraja, Kamus Istilah Pendidikan Dan Umum, (Surabaya:Usaha nasional,1981)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.



 [1]Oemar Malik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta:Bumi Aksara,2006),79
[2]Sastrapraja, Kamus Istilah Pendidikan Dan Umum, (Surabaya:Usaha nasional,1981), 83
[3]Pasal 3 Undang-undang republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
[4]Pasal 3 Undang-undang Republik Indonesia nomor 36 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
[5] Nata Abudin, Pembelajaran Aqidah Akhlak, (Jakarta:Bumi Aksara,2006),21
[6]Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, (Bandung:. PT.Remaja Rosda karya,2009),49
[7] Riduwan, Belajar Mudah Penelitian, (Bandung:Alfabeta,2012),54
[8] Ibid. 56

Tidak ada komentar: