I.
JUDUL PENELITIAN
KORELASI PRESTASI PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SISWA KELAS V MI PAGER
KIDUL 1
II.
LATAR BELAKANG
MASALAH
Pendidikan adalah sebuah proses dalam rangka
mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dengan
demikian akan menimbulkan sebuah perubahan dalam dirinya yang memungkinkanya
berfungsi secara kuat dalam kehidupan masyarakat. [1]
Pendidikan islam dimana didalamnya meliputi pendidikan
aqidah akhlak merupakan salah satu sistem dari sistem pendidikan nasional
adalah salah satu materi yang harus dimuat dalam isi kurikulum di setiap jenis
jalur dan jenjang pendidikan.[2]
Hal ini disebutkan dalam Bab II pasal 3 Undang-undang
no 2 tahun 23 yang berbunyi:
”Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang berdemokratis serta
bertanggung jawab”. [3]
Lebih jauh lagi dalam bab x pasal 36 ayat 3 Undang-undang Republik Indonesia
Nomor 2003 yang membicarakan tentang tentang
kurikulum mengatakan ”Kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam
kerangka Negara Republik Indonesia antara lain dengan memperhatikan eningkatan
iman dan taqwa, peningkatan aqlak mulia dan agama[4].
Dari pernyataan diatas, dapat diketahui bahwa
pendidikan akhlak di tempatkan pada urutan pertama, sehingga tepatlah kalau
kita berharap agar pendidikan aqidah akhlak dapat perhatian serius dari semua
pihak.
Dijaman kemajuan tekhnologi yang semakin canggih dan
arus informasi yang semakin cepat dan terbuka, tidak jarang membawa nilai-nilai
yang bertentangan dengan ajaran agama islam. Dengan demikian tidaklah heran
bila sekarang ini banyak terjadi kemerosotan moral terutama dikalangan pemuda
dan remaja. Hal ini bukan hanya terjadi dikota besar saja melainkan sudah
merabah dikota kecil, termasuk Pacitan.
Hal semacam itu kita ketahuimelalui media elektronik
dan media cetak. Belakangan ini kita banyak mendengar keluhan dari orang tua
pendidik, orang yang berkecimpung dalam bidang anak terutama remaja, banyak
dari mereka yang sukar dikendalikan, nakal, berbuat keonaran, dan hal yang
menggangu ketentraman umum sehingga akan mengakibatkan hak orang lain terancam
di tengah masyarakat. Dengan demiukian MI pager kidul 1 lembaga pendidikan
islam yang terletak ada desa Pager kidul merasa perihatin dan ikut bertanggung
jawab dalam mengatasi masalah sosial tersebut, karena madrasah sebagai lembaga
pendidikan merupakan faktor penting dalam memberikan pengaruh terhadap
pembentukan akhlak anak.
Mengingat pentingnya akhlak dalam kehidupan
sehari-hari siswa Mi Pager kidul 1 dengan adanya pelajaran akidah akhlak,
nantinya dapat memilih akhlak yang baik, sebab tanpa mengindahkan akhlak yang
baik kehidupan manusia akan binasah.[5]
Sedangkan perilaku siswa adalah perkembangan yang
berkaitan dengan tingkah laku seseorang dan konvensi mengenai apa yang
seharusnya di lakukan oleh manusia dalam interaksinya dengan orang lain. [6]
Berdasarkan paparan serta pernyataan di atas penulis
tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Terjadikah Korelasi Pelajaran
Aqidah Akhlak dengan Perilaku Siswa MI Pager Kidul 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2016-2017
”
III.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang masalah diatas, penulis akan memberikan batasan mengenai rumusan
masalah sebagai berikut.
1.
Apakah ada korelasi prestasi pelajaran
aqidah akhlak dengan tingkah laku siswa MI Pager Kidul 1 tahun pelajaran
2016-2017?
IV.
TUJUAN
Agar penelitian ini tidak menyimpang dari permasalahan maka
penulis perlu merumuskan tujuan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini
adalah:
1.
Mengetahui apakah ada hubungan
antara preestasi belajar siswa siswa MI Pager Kidul 1 tahun pelajaran 2016-2017.
V. MANFAAT
Hasil penelitian ini mempunyai beberapa kegunaan, antara
lain ialah:
1.
Manfaat teoritis
2.
Manfaat praktis
a.
Bagi sekolah
Penelitian ini diharapkan dapat
menjadikan sumbangan pemikiran dan masukan bagi sekolah tentag pengaruh pembelajaran
aqidah akhlak dengan perilaku siswa.
b.
Bagi Guru
Hasil penelitian ini diharapkan mampu
membantu guru dalam memberikan informasi tentang tata cara berperilaku.
c.
Bagi peneliti
Menambah dan mengembangkan wawasan pengetahuan
tentang serta pengalaman peneliti dalam melihat suatu permasalahan dengan baik.
d.
Bagi perpustakaan STAIN Ponorogo
Hasil penelitian ini dapat dijadikan
referensi bahan bacaan dan ilmu pengetahuan maupun sumber belajar bagi
mahasiswa.
VI.
VARIABEL DAN INDIKATOR
Untuk mengumpulkan data digunakan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
1.
Observasi untuk
mengetahui perilaku siswa.
2.
Wawancara untuk
mengetahui hubungan prestasi belajar aqidah akhlak dengan perilaku siswa kelas
V MI Pager kidul Pacitan.
3.
Dokumentasi untuk
memperoleh data-data meliputi perilaku siswa dengan aktifitas yang terkait.
4.
Angket untuk mengetahui
tingkat perkembangan.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability samlpling
dengan jumlah sampel 3% dari seluruh populas. Jumlah seluruh siswa di MI Pager
kidul 1 Pacitan adalah 113 siswa yang terbagi dalam 6 kelas, jumlah 70 siswa yang dibagi ke 6 kelas tersebut.
Variabel dan indikator
yang dipakai oleh peneliti adalah sebagai berikut:
Judul
|
Variabel
|
Indikator
|
Korelasi prestasi belajar aqidah akhlak dengan perilaku siswa
kelas v MI Pager Kidul 1 Pacitan
|
Variabel independen
prestasi belajar
aqidah akhlak
|
1.
Pembelajaran
yang di berikan guru kepada siswa
2.
Bentuk prestasi
belajar aqidah akhlak
3.
Faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar aqidah aqlak
|
Variabel dependen:
Perilaku siswa kelas
v
|
1.
Nilai pelajaran aqidah akhlak
2.
Perilaku
siswa disekolah
3.
Nilai rapot
|
VII. INSTRUMEN PENILAIAN
Instrumen Wawancara
Narasumber :.................................
Temat :................................
Waktu
:................................
1.
Bagaimana prestasi pelajaran aqidah akhlak kelas V di MI Pager Kidul 1 Pacitan?
2.
Bagaimana perilaku siswa kelas V MI Pager Kidul 1 Pacitan setelah mengikuti pembelajaran
aqidah akhlak?
3.
Apa saja yang mempengaruhi
perilaku siswa MI Pager Kidul 1 Pacitan?
4.
Adakah hubungan prestasi
pelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa kelas V di MI Pager Kidul 1 Pacitan?
Angket
Perilaku Siswa
Nama siswa :.............................................................
Nomor absensi :............................................................
Jenis kelamin :............................................................
Petunjuk pengisian
1.
mulailah dengan
membaca basmalah dan di akhiri dengan hamdalah.
2.
Isilah sesuai
dengan pendapatmu, jawaban yang kamu isi tidak mempengaruhi nilaimu.
3.
Jawablah semua pertanyaan
yang sudah di sediakan.
4.
Berilah tanda X pada kolom dengan ketentuan:
a.
1 tidak pernah
melakukan.
b.
2 tidak sama sekali.
c.
3 pernah melakukan
5.
Tanyakan jika
ada hal yang kurang jelas.
6.
Terimakasih
sudah mengisi angket ini dengan baik dan jujur.
Pertanyaan
|
Interval
Nilai
|
|
1
|
2
|
|
1. Saya menyukai pelajaran aqidah
akhlak
|
|
|
2.
Saya selalu
berperilaku baik.
|
|
|
3.
Saya sopan terhadap ibu bapak guru di sekolah.
|
|
|
VIII.
POUPULASI DAN SAMPEL
Populasi adalah wilayah
generalisasi yang terdiri dari objek atau subyek yang menjadi kuantitas dan
karakteristik tertentu berkaitan dengan masalah penelitian yang ditetapkan oleh
peneliti untuk di pelajari kemudian ditarik kesimpulannya.[7]
Sampel adalah sebagian
dari jumlah dan karakteristik yang yang dimiliki oleh populasi.[8]
Populasi dalam penelitian
ini adalah semua siswa kelas 5 MI Pager kidul 1 Pacitan yang terdiri dari 18
siswa. Dan dalam penelitian ini Tekhnik pengambilan sampel yang
digunakan adalah probability samlpling dengan jumlah samepel 3% dari
seluruh populas. Jumlah seluruh siswa di MI Pager kidul 1 Pacitan adalah 113
siswa yang terbagi dalam 6 kelas, jumlah 70 siswa yang dibagi ke 6 kelas tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Abudin
Nata. Pembelajaran Aqidah Akhlak, (Jakarta:Bumi Aksara,2006)
Desmita, Psikologi Perkembangan
Peserta Didik, (Bandung:. PT.Remaja Rosda karya,2009)
Malik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, (Jakarta:Bumi Aksara,2006)
Riduwan,
Belajar Mudah Penelitian, (Bandung:Alfabeta,2012)
Sastrapraja, Kamus Istilah Pendidikan Dan Umum,
(Surabaya:Usaha nasional,1981)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar