Senin, 09 Maret 2015

Biografi Ustman bin Affan


BIOGRAFI USTMAN BIN AFFAN
Nama beliau adalah Ustman bin Affan bin Ash Bin Umayah bin Syams bin Abduimanaf bin Khusai bin Khilaat. Beliau menisbatkan dirinya kepada bani umayah, salah satu kabillah Quraisy. Beliau dilahirkan di Makkah 6 tahun setelah tahun Gajah,beliau tumbuh diatas Akhlaq yang mulia dan peranggai yang baik. Beliau ssangat pemalu, bersih jiwa dan suci lisannya, sangat sopan santun, pendiam dan tidak pernah menyakiti orang lain. Beliau diangkat menjadi khalifah menggantikan khalifah Umar bin khattab. Beliau menjadi khalifah ke 3 setelah kepemimpinan Umar bin Khattab.
Sebelum wafat, khalifah Umar bin Khattab memerintahkan bentuknya majlis syura (dewan permusyawaratan) yang beranggotakan enam orang. Mereka adalah Ali bin Abi Tholib, Ustman bin Affan , Sa’ad bin Abi Waqqas, Abdurrahman bin Auf, Jubair bin Awwam, dan Thalhah bin Ubadillah.
Setelah Umar bin Khatab wafat, terjadilah perdebatan yang cukup meneganggkan dan Akhirnya penentuan khalifah dilakukan melalui voting. Suara kaum Muslimin terbagi mejadi 2 golongan yaitu golongan ali bin abi thalib dan ustman bin affan. Nmaun ali bin abi thalib, sa’ad bin abi Waqqas dan Zubair bin Awwam memilih Ustman bin Affan, akhirnya yang lainnya mengikuti mereka. Maka dibaiatlah Ustman bin Affan menjadi khalifah menggatikan Umar bin Khatab.

PENYEBARAN AGAMA ISLAM PADA MASA KEPEMIMPINAN KHALIFAH USTMAN BIN AFFAN
1.      Menakhlukkan Penakhlukkan di syam
Khalifah Ustman bin Affan mengangkat muawiyah bin abi sofyan menjadi gubernur di syam. Kepada muawiyah sampailah informasi bahwa pasukan romawi kembali menduduki syam bagian utara. Khalifah utsman bin affan mengirimkan 80 ribu prajurit ke syams di bawah komando salman bin robi’ah. Setelah iba di syam, pasukan muslim dapat menghadang laju pasukan romawi dan dapat mengalahkanya.
2.      Membangun armada laut
Pendudukan iskandarriyyah dan penghancuran mesir oleh romawi tahun 25 H menyadarkan kaum mulimin akan kelemahan tentara islam jika diserang dari laut. Hal tersebut mendorong muawiyah untuk membangun armada laut yang kuat. Dengan persetujuan utsman bin affan maka dibuatlah kapal – kapal perang untuk armada laut islam.
3.      Mempertahankan dan memperluas daerah islam
Dizaman khalifah umar bin khatab kekuasaan romawi dan Persia diseluruh mesir dan syam dapat dikalahkan oleh tentara islam. Bahkan tentara islam sudah menakhlukan tri poli dan barqoh. Namun dengan wafat umar bin khatab kekuasan romawi dan Persia ingin mengambil kembali daerah – daerah ang telah ditakhlukna oleh pemerintahan islam. Khalifah utsman bin affan dapat mempertahankan daerah yang telah dikuasai kekuatan islam. Khalifah utsman bin affan dengan kekuatan tentara muslim waktu itu mampu memperluas daerah penakhlukan. Daerah kekuasaan islam meluas hingga meliputi Armenia dan sekitar tri brista, Turkistan, Kabul, dan kubah.
4.      Menyempurnakan kodifikasi Al- Qur’an dan menyatukan perbedaan dalam pelafalan bacaan al-qur’an
Pada masa kepemimpinan utsman bin affan beliau menyempurnakan al-qur’an dengan cara mengumpulkan para penghafal al-qur’an lalu menuliskan kembali. Setelah itu hasil dari pembukuan karya utsman bin affan sangat bermanfaat bagi umat islam maka mushaf tersebut dinamakan mushaf usmani sebagai penghargaan atas jasa beliau. Ketika utsman menjabat menjadi khalifah banyak mengankat kerabatnya untuk menduduki jabatan penting dalam pemerintahanya. Akan tetapi kepercayaan yang diberikan utsman kepada kerabatnya itu dilanggar. Maka terjadi perselisihan antara kaum mulimin dan khalifah utsman bin affan.

Materi pengembang I
KH.Hasyim Ashari
Adalah salah satu pemimpin pondok pesantren tebu ireng yang berada di jombang.beliau ikut mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan republic Indonesia. Dengan tekad yang sangat kuat beliau rela membantu peprangan Indonesia melawan penjajah. Meskipun beliau dihadang dan dilarang oleh para penjajah untuk menyebarkan agama islam di pulau Jawa, akan tetapi K.H Hasyim Ash’ari tak pernah goyah, beliau tetap menyebarkan agama islam di daerah pulau Jawa. Beliau pernah dipenjara hanya gara- gara tidak mau mengikuti perintah penjajah, beliau tetap teguh dengan pendiriannya, beliau tidak mau membela Negara jika hal itu menyimpang agama. Hal inilah yang patutb kita teladani, harus tetap teguh pendirian meskipun diganggu oleh gangguan yang menghadang pendirian kita. Tetap bersemangat dan percaya diri akan kemampuan yang kita miliki.

SIFAT POSITIF KEPEMIMPINAN  USTMAN BIN AFFAN
            Nama lengkap Ustman bin Affan bin Abi ash bin Umayah bin Abd syams bin Abd manaf, bisa dipanggil abu abdillah dan digelari Dzu An- Nurain (pemilik 2 cahaya). Ia lahir di Makkah lima tahun sesudah kelahiran Rosulullah SAW atau lima tahun setelah peristiwa pasukan gajah yang menyerang ka’bah.  Ia berwajah tampan, kulitnya halus dan putih, jenggotnya lebat, bagian depan kepalnya botak, dan tangannya kekar. Ia mengikrarkan diri masuk islam dihadapan nabi setelah ia diajak masuk islam oleh Abu Bakar Siddiq.
            Setelah masuk islam, pamannya mengikatnya dengan tali sambil berujar, “apakah kamu masih menyukai agama nenek moyangmu setelah kamu menganut agama baru ini? Demi Allah, aku tidak akan melepaskanmu sebelum kamu keluar dari agama barumu itu”. “ Demi Allah, aku sama sekali tidak akan keluar dari agama baruku ini, “ jawab Ustman dengan tegas. Ia akhirnya memeluk agama islam. Ia termasuk salah satu diantara 10 orang yang mendapat jaminan masuk surga dan termasuk salah satu dari juru tulis wahyu” Al- Qur’an”. Ia ikut sholat menghadap 2 kiblat dan ikut berhijrah 2 kali. Ia juga mengikuti semua peperangan bersama nabi, kecuali perang badar. Saat itu, ia merawat istrinya, Ruqayyah binti Rosulullah, yang sedang sakit keras.
            Ia digelari Dzun An-nurair  (pemilik 2 cahaya), karena ia menikahi 2 puttri Rosullah SAW. Ia menikahi Ruqqayyah kemudian menikahi Ummu Kultsum Setelah Ruqayah Meninggal. Ustman memiliki seorang anak laki- laki dari hasil perkawinannya dengan Ruqqayyah. Akan tetapi, anaknya meninggal pada tahun 4 Hijriyah pada usia 6 tahun. tentang dirinya Ustman mengatakan aku tidak pernah bernyayi, berangan- angan, dan menyentuh kemaluanku sejak aku dibaiat Rosulullah SAW”.
            Ia juga sosok yang terkenal sangat dermawan. Bahkan ia pernah menanggung semua perlengkapan separuh dari pasukan kaum muslim dalam perang Al asrah. Saat itu, ia mendermakan 300 ekor unta dan 50 ekor kuda lengkap dengan segala peralatannya. Kemudian ia datang membawa seribu dinnar dan memberikannya dihadapan Rosullullah. Saat itu Rosulullah SAW mengatakan, “ Mudah- mudahan sesudah ada lagi yang dilakukan Ustman.” (HR. At- Tirmidzi).
Ia pernah membeli sebuah sumur Raumah dari seorang warga yahudi. Setelah itu, ia mewakafkannya. Kaum muslimin memanfaatkan sumur tersebut sebagai sumber air minum.
Pada saat rasulullah SAW meninggal, Ustman baru berusia 58 tahun. Ia menjabat Sebagai khalifah tahun 24 H dan saat itu ia berusia 70 tahun. Ia berjasa menyempurnakan pengumpulan Al-Qur’an menghimpun umat untuk menggunakan mushaf yang telah dikumpulkan oleh abu bakar. Ia menyuruh untuk menyalin naskah – naskah Al-Qur’an dari mushaf tersebut, lalu membagikan ke berbagai daerah dan membakar mushaf – mushaf selainya.
Pada masa pemerintahanya, wilayah afrika, chprus, tabaristan, khurrasan, Armenia, qauqaz, kirman, dan sajastan berhasil dibebaskan. Pada masa pemerintahanya, harta berlimpah, sampai – sampai ia pernah mengutus budak perempuan untuk menimbangnya. Ia sering juga menunaikan ibadah haji.
Ia adalah orang pertama yang memperluas bangunan masjidil haram dan masjid nabawi, membangun pangkalan angkatan laut, menyuruh membentuk kepolisian Negara, dan mendirikan gedung peradilan. Pada masa pemerintahanya abu bakar dan umar, sidang peradilan masih diselenggarakan di masjid.
Ia juga orang pertama yang mendahulukan khutbah dalam sholat ied dan menambah adzan pada shalat jum’at.

Materi pengembang II
Bj Habibi
Siapa sih yang tidk mengenal sosok presiden ketiga di Indonesia ini, nah tepat sekali beliau adalah BJ Habibi.yang mana ia memiliki sifat mulia, yaitu dermawan, rendah hati dan sebagainya.ia bisa menciptakan sebuah benda yang dapat menguntungkan masyarakat Indonesia, yang tak lain adalah pesawat terbang. Ia menciptkan pesawat tersebut guna membantu masyarakat untuk memenuhi kehidupan sosial dan  ekonominya, yaitu bisa mempermudah jasa pekerja, tukar belajar dll .seperti kedermawanya khalifah ustman bin affan yang mendermakan beberapa alat perlengkapan untuk peperangan Al-Asrah, membeli sumur dll.

RENCANA PELALAKSANAA PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah                           :Madrasah Ibtidaiyah
Mata pelajaran                         :Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                         :VI
Alokasi waktu                          : 1x pertemuan(1x30menit)
Hari/tanggal                              :Selasa, 6 Desember 2015
A.    Standart Kompetensi
1.      Ustman bin Affan
2.      Memahami dan mengetahui kepemimpinan khalifah ustman bin affan
B.     Kompetensi Dasar
1.      Menjelaskan Biografi dan penyebaran agama islam pada masa kepemimpinan Utsman bin Affan
2.      Menjelaskan dan meneladani sifat positif Khalifah Utsman bin Affan
C.    Tujuan pembelajaran
1.      Siswa dapat mengetahui tentang biografi khalifah utsman bin affan dan mengetahui cara penyebaran agama islam pada masa kepemimpinan Ustman bin Affan.
2.      Siswa dapat mengetahui perjuangan dan contoh sikap positif utsman bin affan.
      D.    Langkah – langkah Pembelajaran
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Strategi
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
a.       Guru dan siswa saling memberikan salam
b.      Guru dan siswa memulai pembelajaran dengan membawa do’a bersama- sama
c.       Guru menanyakan kehadiran siswa
d.      Siswa menyiapkan buku pelajaran dan bab yang akan dipelajari

Ceramah
5 menit
Kegiatan Inti
1.      Penyampaian materi pembelajaran mengenai:
a.       Biografi Ustman bin Affan
b.      Penyebaran agama islam pada masa kepemimpinan Ustman bin Affan
c.       Sifat positif yang dimiliki khalifah Ustman bin Affan
d.      Meneladani sifat positif Ustman bin Affan
Untuk tiap KD metode pembelajaran yang digunakan:
a.       Card Short & talking stick
b.      Every one is teacher here

30 Menit
Kegiatan Penutup
a.       Siswa dibimbing oleh guru membuat kesimpulan dari materi pembelajaran yang telah disampaikan
b.      Siswa dan guru menutup KBM dengan membaca Alhamdulillah bersama- sama
c.       Guru mengucapkan salam
Ceramah
5 menit

Tidak ada komentar: