Senin, 09 Maret 2015

Umar bin Khatab


Kisah Masuknya Umar dalam Agama Islam
Ketika ajaran islam sudah diajarkan dengan terang-terangan, maka banyak reaksi yang dilakukan oleh orang-orang Quraisy. Mereka berusaha untuk menghalang-halangi dakwah Nabi Muhammad saw. Bahkan, banyak terjadi perencanaan untuk membunuhnya. Begitu juga yang dilakukan oleh Umar. Dia ditugasi oleh orang-orang Quraisy untuk membunuh Muhammad.
Berangkatla Umar penuh kebencian mencari rumah Rosulullah, tetapi ditengah perjalanan Umar bertemu dengan Nuaim bin Abdullah. Ketika ditanya tujuannya, Umar menjawab: “Aku akan membunuh Muhammad.” Nu’aim bertanya lagi: “Kamu ingin membunuh atau memadamkan ajarannya?” Kalau kamu mau membunuh Muhammad, maka bani Hasyim akan membalasnya, tapi kalau kamu mau memadamkan ajarannya, bereskan dulu keluargamu.”

Mengapa dengan keluargaku?” tanya Umar, “Adikmu Fatimah dan suaminya, Said bin Zaid telah mengikuti ajaran Muhammad,” jawab Nu’aim.
Mendengar penjelasan Nu’aim tersebut, Umar menjadi geram dan marah sekali. Umar tidak jadi ke rumah Muhammad, tetapi langsung berbalik menuju kerumah adiknya. Ketika sampai dirumah Fatimah, terdengar sayub-sayub suara seseorang sedang membaca Al-quran, yaitu suara Fatimah dan Said sedang belajar membaca Al-qur’an dari Khabab bin Art. Surah yang dibaca adalah surah Tahaa ayat 1 samapi 8.
Tanpa mengetuk pintu, Umar langsung masuk kedalam, dengan nada marah dia bertanya kepada adiknya: “Said apa yang kau baca tadi? Aku dengar kalian telah mengikuti ajaran Muhammad!” kemudian Umar menyergap Said tapin dihalang-halangi oleh Fatimah, akibatnya Umar menampar adiknya hingga bercucuran dengan darah. Walau demikian dia tetap tegar dan dengan tegas menjawab: “Benar kami sudah masuk islam,sudah beriman kepada Alloh dan Muhammad Rasulullah, sekarang berbuatlah sesuka hatimu kepada kami.”
Mendengar keteguhan hati dan melihat darah yang bercucuran dimuka adiknya, hatinya menjadi luluh kemudian ia berkata “Tolong berikan syair yang telah kau baca tadi, agar aku dapat mempertimbangkan ajaran yang telah diajarkan Muhammad kepadamu. “Fatimah pun memberikannya. Selanjutnya, Umar membaca dalam hati, dengan hidayah Allah Umar menganggumi apa yang dibaca, tanpa terasa ia berucap: “Sungguh alangkah indahnya dan mulianya yang kalian pelajari ini.”
Kemudian Umar meminta Fatimah untuk menunjukkan dimana Muhammad berada, Fatimah tidak menunjukkan sampai Umar menjelaskan maksudnya untuk masuk islam. Setelah mengetahui maksudnya Fatimah menunjukkan bahwa Muhammad dan sahabatnya berada dirumah Arqam bin Abil Arqam.
Kemudian Umar pergi kerumah Arqam Abil Arqam. Tatkala Nabi Muhammad saw sedang berkumpul dengan sahabat-sahabatnya, diantara Hamzah, Ali bin Abi Thalib dan Abu Bakar. Dengan nada pelan Umar mengetuk pintu, salah satu sahabat Nabi melihat dari celah pintu, setelah mengetahui bahwa yang datang Umar dengan pedang terhunus, maka bangkitlah Hamzah seraya berkata: “Wahai Rasulullah biarlah saya menjumpainya, andaikata ia bermaksud baik maka saya beri kesempatan untuk masuk. Tetapi, apabila bermaksud jahat akan saya bunuh dengan pedangnya sendiri.” Nabi diam sebentar kemudian bersabda: “Bergembiralah kalian semua! Sesungguhnya Umar telah datang kepada kamu sekalian, sedangkan cahaya islam terletak diantara kedua matanya.
Kemudian Nabi memperkenankan agar pintu dibuka, maka masuklah Umar. Para hadirin kembali kebelakang, Nabi Muhammad saw menemui Umar seraya bersabda: “Apakah belum waktunya bagimu untuk masuk islam wahai putra Khatab?” pada saat itulah Umar bersimpuh dihadapan Rasulullah menyatakan masuk islam dan mengucapkan dua syahadat.
Materi pengembang:
Materi Pengembang
SMURFETTE
Smurfette adalah film kartun dimana dalam cerita Smurfette ini ialah seorang penjahat yang diajari oleh Gargamel. Gargamel yaitu seorang penyihir yang mengajarkan keburukan kepada Smurfette, Smurfette diajari untuk berbuat buruk,nakal,dan diberi tongkat sihir untuk mendukung perbuatan nakalnya. Namun ketika bertemu deengan papa Smurf untuk berbuat buruk masih berpikir –pikir karena ia mengajarkan untuk berbuat lebih baik kepada bagaimana mengasihi,menyayangi terhadap sesama, hal itu akan membuat hidupnya lebih baik lagi. Sehingga saat dipertemukan dengan situasi seperti itu Smurfette memilih untuk menjadi sosok yang baik dan meninggalkan apa-apa yang sudah diajarkan Gargamel. Cerita ini mengandung makna bahwa Smurfette yang pada mulanya ingin merusak kebaikan ia akhirnya menjadi sosok yang baik dan berwibawa berkat ucapan yang diberikan oleh papa Smurf tersebut.

KeteladananKepribadian Umar bin Khattab
Umar  bin Khattabmasuk Islam padatahun 616 M, tidak lama setelahHamdan bin Abdul Mutalib. Masuknya Umar membawaperanpentingdalamperkembangandakwah Islam. Olehkarenaduluiasangatmembenci Islam tetapisetelahmasukIslam diamenjadiperisaidanbentengpertahanan yang sangatditakutioleh orang Quraisy, sehinggasekarang orang yang inginmenyatakan Islam tidakperlutakutlagi.
            Adapunketeladanankepribadian Umar bin Khattabadalahsebagaiberikut:

1.    Keberanian Umar bin Khattab
Umar adalahsahabatRasulullah yang paling berani.Bahkan, hampirtidakada yang menandinginya, apalagikalaumenghadapihal-hal yang berkaitandengankebatilanbaikitudilakukanolehrakyatnyasendiriatauNegeri lain. Keberanian Umar jugadiperlihatkanketikaberangkathijrahkeMadinahdimanasetiap orang hijrahdengansembunyi-sembunyi.Tetapi Umar berhijrahdenganmenghunuspedangnya, menyandangbusurnyadanmemeganganakpanahnya.Selanjutnyaiapergikekakbahuntukmelakukantawaf yang padasaatituparapemukasedangberada di serambiKakbah. Kemudian Umar mendekatinyadanberkata: “ Siapa yang inginibunyamatimenderita, anaknyamenjadiyatimdanistrinyamenjadijanda, makasilahkanmenghadapiaku di baliklembahini, dengansyarattidakadaseseorangpun yang menyertainya.

2.    SukabermusyawarahdanBijaksana
Umar bin Khattab juga menjadi tauladan dalam memimpin, karena dia selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dan mengambil keputusan. Selainitu, Umar tegasdalammemerangikebatilan.Olehkarenanyabeliauberanidanrelaberkorbandalammembelakebenaran, selalubersikapadil, sertaberjiwabesardanmenghormati orang lain.

3.    BersikapAdil
Umar adalah sosok pemimpin yang adil dalam menetapkan hukum. Dia tidak  memndang siapa yang melanggar, baik itu saudara maupun anak orang yang berpangkat, apabila melanggar pasti akan dihukum dengan semestinya. SepertiketikaanakdariAmru bin Ash (GubernurMesir) melakukankesalahan. Umar pun menghukumdengansemestinya, karenakesalahanyamencambuk orang yang tidakbersalah.Makaia pun dicambuksebanyakiamencambukwargaMesirtersebut. Rasul pun menjulukisebagai al Faruqyaitu orang dapatmenegakkan yang hakdanmembasmi yang batil.

4.    BersifatSederhana
Selainterkenalsebagai orang yang berani, adil, jujur, bijaksanabeliau pun terkenalsebagai orang yang sangatsederhana.KesederhanaanbeliausepertitampakketikamenjadiKhalifah, beliautidakmemakaibusanakebesarantidakmemakaikendaraan yang disediakanolehparapembantunya. Dalamasas yang diriwayatkandariIbnuJarindan Abu Nu’aimdari al Hasandiaberkata: “ Ketika Umar bin Khattabsudahmenjadikhalifah, di kainmentelnyaadaduabelastambalan.
Materi pengengembang
JOKO WIDODO
Siapa sic yang tidak mengenal presiden kita sekarang,,,, joko widodo adalah presiden kita sekarang. Joko widodo adalah pemimpin yang mempunyai banyak prestasi di kancah nasional maupun di kancah internasional. Joko widodo mempunyai keberanian yang luar biasa, dan semangat yang luar biasa, keberanianya terkenal sampai beliau menjadi wali kota terbaik ke-3 di dunia. Sebagai wali kota yang terkenal beliau banyak sekali melakukan hal untuk merubah image kota solo, misalnya beliu itu membangun pasar tradisional di solo. Tidak jauh beda dengan umar bin khattab yang begitu terkenal kebeberani menjadi benteng agama islam. Islam mulai terkenal dan banyak pengikutnya karena ketulusan umar bin khattab yang membela aga islam. Dulunya islam takut dengan orang kafir, akan tetapi semenjak umar bin khattab masuk tidak ada yang perlu di takuti lagi. Joko widodo selain terkenal prestasi maupun keberanianya namun kepribadianya yang merakyat. Beliau tidak sombong, selalu bersikap adil,,,coba kalian ketahui apakah jokowi pernah memakai pakaian yang sangat mencolok. Tidak kan,,,beliau menggunakan baju biasa-biasa saja, bajunya yang sering di gunakan kotak-kotak, betul tidak adek...


Kekhalifahaan Umar Bin Khattab
1.    Proses Pengangkatan Umar Bin Khattab
Pengangkatan Umar Bin Khattabsangat lancer, tanpaadapertentangan di kalangankaummuslimin.Hal tersebutterjadikarenamenjelangajal, Abu Bakartelahmengajukan Umar Bin Khattabsebagaipemimpinkaummusliminuntukpenggantinya. Di antarasahabat yang dimintaipertimbanganadalahUsman bin Affan, Ali bin AbiThalib, Abdurrahman bin Auf, Talhah bin Ubaidillah, danUsaid bin Kundur, parasahabatini pun menyetujuinya.

Setelah Abu BakarWafat, kaummusliminmembaiat Umar bin Khattabsebagaikhalifah ke-2 padatahun 13 H.

2.    Jasa Umar bin KhattabSelamaMenjadiKhalifah
a.    Perluasan Wilayah
Dalammasapemerintahan Umar bin Khattabbanyakwilayah yang menjadikekuasaan Islam baikmelaluipeperanganatausecaradamai. Adapunwilayah yang menjadikekuasaan Islam padamasaKhalifah Umar bin Khattabadalahsebagaiberikut:
1)   Kota Damaskus
2)   Persia
3)   Romawi
4)   Mesir
5)   Babylonia
6)   Iskandariah
7)   Yerussalem
8)   Syiria
         b.    KesejahteraanMasyarakat
Khalifah Umar bin Khattabselalumemperhatikankesejahteraanrakyatnya, iatidakmaumelihatrakyatnyasengsara. Olehkarenaitu, Umar jugatidaksukadalamkehidupan yang berlebihan, bahkanrumah yang ditempatinya pun sangatsederhana.Untukmenyejahterakanrakyatnya di seluruhpelosoknegeri, Khalifah Umar memberikankebijakan di bidangekonomiantara lain:
1)   MendirikanBaitul Mal
2)   MendirikanDepartemenPajakdan Tanah (Diwan al Kharj)
3)   MendirikanDepartemenKeuangan (Diwan al Jund)
4)   Menerapkananggaranpenerimaandanpengeluarankauangan Negara
5)   Mengadakanhisbah (pengawasan) terhadappasar
6)   Membangunpusat-pusatpengawasanterhadaptakaran, kebersihan, jalan, dansebagainya.
7)   Mencetakmatauang Negara
      c.     BidangPemerintahan
BeberapakebijakanKhalifah Umar bin Khattabdalambidangpemerintahanantara lain:
1)   Mendirikanberbagaimacamlembagadandepartemenseperti, DepartemenPendidian, Kehakiman, Keuangan, dansebagainya.
2)   Membuatsaranakomunikasidaninformasi
3)   Membuatperaturangajiterhadappegawaipemerintahan
4)   Membuatangkatanperang yang terkoordinir
5)   MembuatsekretarisdisetiapDepartemen
AdapunProvinsi-provinsipadazaman Umar bin Khattabadalah:
1)   ProvinsiMekah
2)   ProvinsiMadinah
3)   ProvinsiSyiria
4)   ProvinsiJazirah
5)   Provinsi Basra
6)   ProvinsiKaffah
7)   ProvinsiPalestina
8)   ProvinsiMesir
MateriPengembang:
B.J. Habibielelakikelahiran Pare-Pare, 25 Juni 1936 inimerupakansosokmanusia paling multidimensional di Indonesia.Beliaumerupakananakkeempatdaridelapanbersaudara, pasanganAlwi Abdul JalilHabibiedan RA.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikahdenganHasriAinunHabibiepadatanggal 12 Mei 1962.Lalubekerja di industripesawatterbangterkemuka MBB GmbhJerman.Habibie (usia 41 tahun) mendapatgelarProfesorTeknikdari ITB. Selama 20 tahunmenjadiMenristek, akhirnyapadatanggal 11 Maret 1998, HabibieterpilihsebagaiWakilPresiden RI ke-7 melaluiSidangUmum MPR..Namun, masajabatannyasebagaipresidenhanyabertahanselama 512 hari.Meskisangatsingkat, kepemimpinanPresidenHabibiemampumembawabangsa Indonesia darijurangkehancuranakibatkrisis.PresidenHabibieberhasilmemimpinnegarakeluardaridalamkeadaan ultra-krisis, melaksanankantransisidarinegaraotorianmenjadidemokrasi.Pada era pemerintahannya yang singkatiaberhasilmemberikanlandasankokohbagiIndonesia,Dalampemerintahannya B.J. Habibieberusahauntukmelakukanpembaharuan-pembaharuandalambeberapabidang demi untukmenciptakankehidupanmasyarakat yang sejahtera.
1.)  BidangEkonomi
  • · Merekapitulasiperbankan..
  • · Merekonstruksiperekonomian Indonesia.
  • · Mengesahkan UU No. 5 tahun 1999 tentangLaranganPraktik. Monopolidan
Persaingan yang TidakSehat.
2.)  BidangPolitik
  • · Memberikebebasanpadarakyatuntukmenyalurkanaspirasinya
  • · Membebaskannarapidanapolitikseperti Sri BintangPamungkasdanMoch. Pakpahan.
  • · Mencabutlaranganberdirinyaserikat-serikatburuhindependen.
4.)BidangHukum
·         MelakukanrekonstruksiataupembongkaranwatakhukumOrdeBaru, baikberupaUndang-Undang, peraturanpemerintah, maupunperaturanmenteri.
·         KebebasanMenyampaikanpendapat
·         MenggunakanasasLuberdanJurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, danadil)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Namasekolah : Madrasah Ibtida’iyah
Mata pelajaran          : SKI (SejarahKehidupan Islam)
Kelas                           : III
Alokasiwaktu : 1 kali pertemuan (1 x 40 menit)
Hari/Tanggal             : Selasa30Desember 2014

A.  StandarKompetensi
1.      Umar bin Khattab
B.  KompetensiDasar
1.Menjeleskan kisah masuknya Umar dalam agama islam
2.Menjelaskan keteladananKepribadian Umar bin Khattab
3. Menjelaskan kekhalifahan Umar bin Khattab
C.  TujuanPembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui tentang kisah masuknya Umar dalam agama islam
2.Siswa dapat mengetahui dan mengambil hikmanya dalam kehidupan sehari-hari dariketeladanankepribadian Umar bin Khattab
3. Siswadapatmengetahuidan memahami tentangkekhalifahan Umar bin Khattab
D.  Langkah-langkahPembelajaran
Tahap
Kegiatan pembelajaran
Strategi
Waktu
Kegiatan pendahuluan
a.    Guru dansiswasalingmemberikansalam
b.    Guru dansiswamemulaidenganberdo’abersama-sama
c.    Guru menanyakan kehadiran siswa
d.   Siswamenyiapkanbukupelajarandanbab yang akandipelajari
Ceramah
5 Menit
Kegiatan inti
1.         Penyampaianmateripembelajaranmengenai:
a.     Kisah masuknya Umar dalam agama islam
b.     Keteladanan kepribadian Umar bin Khattab
c.     Proses pengangkatan umar bin khatab
2.         Memberikan kesempatan untuk bertanya
Untuk tiap KD metode pembelajaran yang di gunakan:
a.       Simulasi
b.      Question Student Have
c.       Talking stick
30 Menit
Kegiatan penutup
a.     Siswadibimbingoleh guru membuatkesimpulandaripembelajaran yang telah disampaikan
b.     Guru bersamasiswamenutuppelajarandenganmembacaAlhamdulilahbersama-sama
c.     Guru mengucapkan salam
Ceramah
5 Menit


Tidak ada komentar: