Kisah Masuknya Umar dalam Agama
Islam
Ketika ajaran islam sudah
diajarkan dengan terang-terangan, maka banyak reaksi yang dilakukan oleh orang-orang
Quraisy. Mereka berusaha untuk menghalang-halangi dakwah Nabi Muhammad saw.
Bahkan, banyak terjadi perencanaan untuk membunuhnya. Begitu juga yang
dilakukan oleh Umar. Dia ditugasi oleh orang-orang Quraisy untuk membunuh
Muhammad.
Berangkatla Umar penuh
kebencian mencari rumah Rosulullah, tetapi ditengah perjalanan Umar bertemu
dengan Nuaim bin Abdullah. Ketika ditanya tujuannya, Umar menjawab: “Aku akan
membunuh Muhammad.” Nu’aim bertanya lagi: “Kamu ingin membunuh atau memadamkan
ajarannya?” Kalau kamu mau membunuh Muhammad, maka bani Hasyim akan
membalasnya, tapi kalau kamu mau memadamkan ajarannya, bereskan dulu
keluargamu.”
“Mengapa dengan keluargaku?” tanya Umar, “Adikmu
Fatimah dan suaminya, Said bin Zaid telah mengikuti ajaran Muhammad,” jawab
Nu’aim.
Mendengar penjelasan Nu’aim
tersebut, Umar menjadi geram dan marah sekali. Umar tidak jadi ke rumah
Muhammad, tetapi langsung berbalik menuju kerumah adiknya. Ketika sampai
dirumah Fatimah, terdengar sayub-sayub suara seseorang sedang membaca Al-quran,
yaitu suara Fatimah dan Said sedang belajar membaca Al-qur’an dari Khabab bin
Art. Surah yang dibaca adalah surah Tahaa ayat 1 samapi 8.
Tanpa mengetuk pintu, Umar
langsung masuk kedalam, dengan nada marah dia bertanya kepada adiknya: “Said
apa yang kau baca tadi? Aku dengar kalian telah mengikuti ajaran Muhammad!”
kemudian Umar menyergap Said tapin dihalang-halangi oleh Fatimah, akibatnya
Umar menampar adiknya hingga bercucuran dengan darah. Walau demikian dia tetap
tegar dan dengan tegas menjawab: “Benar kami sudah masuk islam,sudah beriman
kepada Alloh dan Muhammad Rasulullah, sekarang berbuatlah sesuka hatimu kepada
kami.”
Mendengar keteguhan hati dan
melihat darah yang bercucuran dimuka adiknya, hatinya menjadi luluh kemudian ia
berkata “Tolong berikan syair yang telah kau baca tadi, agar aku dapat
mempertimbangkan ajaran yang telah diajarkan Muhammad kepadamu. “Fatimah pun
memberikannya. Selanjutnya, Umar membaca dalam hati, dengan hidayah Allah Umar
menganggumi apa yang dibaca, tanpa terasa ia berucap: “Sungguh alangkah
indahnya dan mulianya yang kalian pelajari ini.”
Kemudian Umar meminta Fatimah
untuk menunjukkan dimana Muhammad berada, Fatimah tidak menunjukkan sampai Umar
menjelaskan maksudnya untuk masuk islam. Setelah mengetahui maksudnya Fatimah
menunjukkan bahwa Muhammad dan sahabatnya berada dirumah Arqam bin Abil Arqam.
Kemudian Umar pergi kerumah
Arqam Abil Arqam. Tatkala Nabi Muhammad saw sedang berkumpul dengan
sahabat-sahabatnya, diantara Hamzah, Ali bin Abi Thalib dan Abu Bakar. Dengan
nada pelan Umar mengetuk pintu, salah satu sahabat Nabi melihat dari celah
pintu, setelah mengetahui bahwa yang datang Umar dengan pedang terhunus, maka
bangkitlah Hamzah seraya berkata: “Wahai Rasulullah biarlah saya menjumpainya,
andaikata ia bermaksud baik maka saya beri kesempatan untuk masuk. Tetapi,
apabila bermaksud jahat akan saya bunuh dengan pedangnya sendiri.” Nabi diam
sebentar kemudian bersabda: “Bergembiralah kalian semua! Sesungguhnya Umar
telah datang kepada kamu sekalian, sedangkan cahaya islam terletak diantara
kedua matanya.
Kemudian Nabi memperkenankan
agar pintu dibuka, maka masuklah Umar. Para hadirin kembali kebelakang, Nabi
Muhammad saw menemui Umar seraya bersabda: “Apakah belum waktunya bagimu untuk
masuk islam wahai putra Khatab?” pada saat itulah Umar bersimpuh dihadapan
Rasulullah menyatakan masuk islam dan mengucapkan dua syahadat.
Materi pengembang:
Materi Pengembang
SMURFETTE
Smurfette adalah film kartun
dimana dalam cerita Smurfette ini ialah seorang penjahat yang diajari oleh
Gargamel. Gargamel yaitu seorang penyihir yang mengajarkan keburukan kepada
Smurfette, Smurfette diajari untuk berbuat buruk,nakal,dan diberi tongkat sihir
untuk mendukung perbuatan nakalnya. Namun ketika bertemu deengan papa Smurf
untuk berbuat buruk masih berpikir –pikir karena ia mengajarkan untuk berbuat
lebih baik kepada bagaimana mengasihi,menyayangi terhadap sesama, hal itu akan
membuat hidupnya lebih baik lagi. Sehingga saat dipertemukan dengan situasi
seperti itu Smurfette memilih untuk menjadi sosok yang baik dan meninggalkan
apa-apa yang sudah diajarkan Gargamel. Cerita ini mengandung makna bahwa
Smurfette yang pada mulanya ingin merusak kebaikan ia akhirnya menjadi sosok
yang baik dan berwibawa berkat ucapan yang diberikan oleh papa Smurf tersebut.
KeteladananKepribadian Umar bin Khattab
Umar bin Khattabmasuk Islam padatahun 616 M, tidak
lama setelahHamdan bin Abdul Mutalib. Masuknya Umar
membawaperanpentingdalamperkembangandakwah Islam.
Olehkarenaduluiasangatmembenci Islam tetapisetelahmasukIslam
diamenjadiperisaidanbentengpertahanan yang sangatditakutioleh orang Quraisy,
sehinggasekarang orang yang inginmenyatakan Islam tidakperlutakutlagi.
Adapunketeladanankepribadian Umar
bin Khattabadalahsebagaiberikut:
1.
Keberanian
Umar bin Khattab
Umar adalahsahabatRasulullah yang
paling berani.Bahkan, hampirtidakada yang menandinginya,
apalagikalaumenghadapihal-hal yang
berkaitandengankebatilanbaikitudilakukanolehrakyatnyasendiriatauNegeri lain.
Keberanian Umar jugadiperlihatkanketikaberangkathijrahkeMadinahdimanasetiap
orang hijrahdengansembunyi-sembunyi.Tetapi Umar
berhijrahdenganmenghunuspedangnya,
menyandangbusurnyadanmemeganganakpanahnya.Selanjutnyaiapergikekakbahuntukmelakukantawaf
yang padasaatituparapemukasedangberada di serambiKakbah. Kemudian Umar
mendekatinyadanberkata: “ Siapa yang inginibunyamatimenderita,
anaknyamenjadiyatimdanistrinyamenjadijanda, makasilahkanmenghadapiaku di
baliklembahini, dengansyarattidakadaseseorangpun yang menyertainya.
2.
SukabermusyawarahdanBijaksana
Umar bin Khattab juga menjadi tauladan
dalam memimpin, karena dia selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dan mengambil
keputusan. Selainitu, Umar
tegasdalammemerangikebatilan.Olehkarenanyabeliauberanidanrelaberkorbandalammembelakebenaran, selalubersikapadil, sertaberjiwabesardanmenghormati
orang lain.
3.
BersikapAdil
Umar adalah sosok pemimpin yang
adil dalam menetapkan hukum. Dia tidak memndang
siapa yang melanggar, baik itu saudara maupun anak orang yang berpangkat,
apabila melanggar pasti akan dihukum dengan semestinya. SepertiketikaanakdariAmru
bin Ash (GubernurMesir) melakukankesalahan. Umar pun menghukumdengansemestinya,
karenakesalahanyamencambuk orang yang tidakbersalah.Makaia pun
dicambuksebanyakiamencambukwargaMesirtersebut. Rasul pun menjulukisebagai al
Faruqyaitu orang dapatmenegakkan yang hakdanmembasmi yang batil.
4.
BersifatSederhana
Selainterkenalsebagai
orang yang berani, adil, jujur, bijaksanabeliau pun terkenalsebagai orang yang
sangatsederhana.KesederhanaanbeliausepertitampakketikamenjadiKhalifah,
beliautidakmemakaibusanakebesarantidakmemakaikendaraan yang
disediakanolehparapembantunya.
Dalamasas yang diriwayatkandariIbnuJarindan Abu Nu’aimdari al Hasandiaberkata:
“ Ketika Umar bin Khattabsudahmenjadikhalifah, di
kainmentelnyaadaduabelastambalan.
Materi pengengembang
JOKO WIDODO
Siapa sic yang tidak mengenal presiden kita sekarang,,,,
joko widodo adalah presiden kita sekarang. Joko widodo adalah pemimpin yang
mempunyai banyak prestasi di kancah nasional maupun di kancah internasional.
Joko widodo mempunyai keberanian yang luar biasa, dan semangat yang luar biasa,
keberanianya terkenal sampai beliau menjadi wali kota terbaik ke-3 di dunia.
Sebagai wali kota yang terkenal beliau banyak sekali melakukan hal untuk
merubah image kota solo, misalnya beliu itu membangun pasar tradisional di
solo. Tidak jauh beda dengan umar bin khattab yang begitu terkenal kebeberani
menjadi benteng agama islam. Islam mulai terkenal dan banyak pengikutnya karena
ketulusan umar bin khattab yang membela aga islam. Dulunya islam takut dengan
orang kafir, akan tetapi semenjak umar bin khattab masuk tidak ada yang perlu
di takuti lagi. Joko widodo selain terkenal prestasi maupun keberanianya namun
kepribadianya yang merakyat. Beliau tidak sombong, selalu bersikap adil,,,coba
kalian ketahui apakah jokowi pernah memakai pakaian yang sangat mencolok. Tidak
kan,,,beliau menggunakan baju biasa-biasa saja, bajunya yang sering di gunakan
kotak-kotak, betul tidak adek...
Kekhalifahaan Umar Bin Khattab
1.
Proses
Pengangkatan Umar Bin Khattab
Pengangkatan Umar Bin Khattabsangat lancer,
tanpaadapertentangan di kalangankaummuslimin.Hal
tersebutterjadikarenamenjelangajal, Abu Bakartelahmengajukan Umar Bin
Khattabsebagaipemimpinkaummusliminuntukpenggantinya. Di antarasahabat yang
dimintaipertimbanganadalahUsman bin Affan, Ali bin AbiThalib, Abdurrahman bin
Auf, Talhah bin Ubaidillah, danUsaid bin Kundur, parasahabatini pun
menyetujuinya.
Setelah Abu BakarWafat, kaummusliminmembaiat Umar
bin Khattabsebagaikhalifah ke-2 padatahun 13 H.
2.
Jasa
Umar bin KhattabSelamaMenjadiKhalifah
a.
Perluasan Wilayah
Dalammasapemerintahan
Umar bin Khattabbanyakwilayah yang menjadikekuasaan Islam
baikmelaluipeperanganatausecaradamai. Adapunwilayah yang menjadikekuasaan Islam
padamasaKhalifah Umar bin Khattabadalahsebagaiberikut:
1)
Kota Damaskus
2)
Persia
3)
Romawi
4)
Mesir
5)
Babylonia
6)
Iskandariah
7)
Yerussalem
8)
Syiria
b.
KesejahteraanMasyarakat
Khalifah
Umar bin Khattabselalumemperhatikankesejahteraanrakyatnya,
iatidakmaumelihatrakyatnyasengsara. Olehkarenaitu, Umar
jugatidaksukadalamkehidupan yang berlebihan, bahkanrumah yang ditempatinya pun
sangatsederhana.Untukmenyejahterakanrakyatnya di seluruhpelosoknegeri, Khalifah
Umar memberikankebijakan di bidangekonomiantara lain:
1)
MendirikanBaitul Mal
2)
MendirikanDepartemenPajakdan Tanah (Diwan al Kharj)
3)
MendirikanDepartemenKeuangan (Diwan al Jund)
4)
Menerapkananggaranpenerimaandanpengeluarankauangan
Negara
5)
Mengadakanhisbah (pengawasan) terhadappasar
6)
Membangunpusat-pusatpengawasanterhadaptakaran,
kebersihan, jalan, dansebagainya.
7)
Mencetakmatauang Negara
c.
BidangPemerintahan
BeberapakebijakanKhalifah
Umar bin Khattabdalambidangpemerintahanantara lain:
1)
Mendirikanberbagaimacamlembagadandepartemenseperti,
DepartemenPendidian, Kehakiman, Keuangan, dansebagainya.
2)
Membuatsaranakomunikasidaninformasi
3)
Membuatperaturangajiterhadappegawaipemerintahan
4)
Membuatangkatanperang yang terkoordinir
5)
MembuatsekretarisdisetiapDepartemen
AdapunProvinsi-provinsipadazaman
Umar bin Khattabadalah:
1)
ProvinsiMekah
2)
ProvinsiMadinah
3)
ProvinsiSyiria
4)
ProvinsiJazirah
5)
Provinsi Basra
6)
ProvinsiKaffah
7)
ProvinsiPalestina
8)
ProvinsiMesir
MateriPengembang:
B.J. Habibielelakikelahiran
Pare-Pare, 25 Juni 1936 inimerupakansosokmanusia paling multidimensional di
Indonesia.Beliaumerupakananakkeempatdaridelapanbersaudara, pasanganAlwi Abdul
JalilHabibiedan RA.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang
menikahdenganHasriAinunHabibiepadatanggal 12 Mei 1962.Lalubekerja di
industripesawatterbangterkemuka MBB GmbhJerman.Habibie (usia 41 tahun)
mendapatgelarProfesorTeknikdari ITB. Selama 20 tahunmenjadiMenristek,
akhirnyapadatanggal 11 Maret 1998, HabibieterpilihsebagaiWakilPresiden RI ke-7
melaluiSidangUmum MPR..Namun, masajabatannyasebagaipresidenhanyabertahanselama
512 hari.Meskisangatsingkat, kepemimpinanPresidenHabibiemampumembawabangsa
Indonesia darijurangkehancuranakibatkrisis.PresidenHabibieberhasilmemimpinnegarakeluardaridalamkeadaan
ultra-krisis, melaksanankantransisidarinegaraotorianmenjadidemokrasi.Pada era
pemerintahannya yang
singkatiaberhasilmemberikanlandasankokohbagiIndonesia,Dalampemerintahannya B.J.
Habibieberusahauntukmelakukanpembaharuan-pembaharuandalambeberapabidang demi
untukmenciptakankehidupanmasyarakat yang sejahtera.
1.) BidangEkonomi
- · Merekapitulasiperbankan..
- · Merekonstruksiperekonomian Indonesia.
- · Mengesahkan UU No. 5 tahun 1999 tentangLaranganPraktik. Monopolidan
Persaingan yang
TidakSehat.
2.) BidangPolitik
- · Memberikebebasanpadarakyatuntukmenyalurkanaspirasinya
- · Membebaskannarapidanapolitikseperti Sri BintangPamungkasdanMoch. Pakpahan.
- · Mencabutlaranganberdirinyaserikat-serikatburuhindependen.
4.)BidangHukum
·
MelakukanrekonstruksiataupembongkaranwatakhukumOrdeBaru,
baikberupaUndang-Undang, peraturanpemerintah, maupunperaturanmenteri.
·
KebebasanMenyampaikanpendapat
·
MenggunakanasasLuberdanJurdil (langsung, umum, bebas,
rahasia, jujur, danadil)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran : SKI
(SejarahKehidupan Islam)
Kelas : III
Alokasiwaktu : 1 kali pertemuan (1 x 40 menit)
Hari/Tanggal : Selasa30Desember 2014
A.
StandarKompetensi
1.
Umar bin Khattab
B.
KompetensiDasar
1.Menjeleskan kisah masuknya Umar dalam agama islam
2.Menjelaskan keteladananKepribadian Umar bin Khattab
3. Menjelaskan kekhalifahan Umar bin Khattab
C.
TujuanPembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui tentang kisah masuknya Umar dalam agama islam
2.Siswa dapat mengetahui dan mengambil hikmanya dalam kehidupan sehari-hari
dariketeladanankepribadian
Umar bin Khattab
3. Siswadapatmengetahuidan memahami tentangkekhalifahan
Umar bin Khattab
D. Langkah-langkahPembelajaran
Tahap
|
Kegiatan pembelajaran
|
Strategi
|
Waktu
|
Kegiatan
pendahuluan
|
a.
Guru
dansiswasalingmemberikansalam
b.
Guru
dansiswamemulaidenganberdo’abersama-sama
c.
Guru menanyakan kehadiran siswa
d.
Siswamenyiapkanbukupelajarandanbab
yang akandipelajari
|
Ceramah
|
5 Menit
|
Kegiatan
inti
|
1.
Penyampaianmateripembelajaranmengenai:
a.
Kisah masuknya Umar dalam agama islam
b.
Keteladanan kepribadian Umar bin Khattab
c.
Proses pengangkatan umar bin khatab
2.
Memberikan kesempatan untuk bertanya
|
Untuk
tiap KD metode pembelajaran yang di gunakan:
a.
Simulasi
b.
Question Student Have
c.
Talking stick
|
30 Menit
|
Kegiatan
penutup
|
a.
Siswadibimbingoleh
guru membuatkesimpulandaripembelajaran yang telah disampaikan
b.
Guru bersamasiswamenutuppelajarandenganmembacaAlhamdulilahbersama-sama
c.
Guru mengucapkan salam
|
Ceramah
|
5 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar